Manajemen Keuangan Untuk Mahasiswa

Sabtu, 05 Maret 2022 | 09:07 WIB Last Updated 2022-03-05T02:07:00Z

  

 



Oleh : Alfian Rizky Nurzaman

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Pengertian manajemen secara umum adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok. Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah kerjasama dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Dan dalam manajemen kita harus bisa juga dalam hal keuangan, oleh karena itu mahasiswa harus belajar tentang cara mengatur keuangan yang baik dan benar.

Dalam dunia kuliah pasti keuangan itu salah salah satu masalah yang besar bagi para mahasiswa, baik itu mahasiswa yang merantau ataupun tidak, apalagi mahasiswa yang masih bergantung pada kiriman uang dari para orang tuanya. Dan bagi yang merantau pasti mereka sangat pusing dalam mengelola keuangan karena harus membayar berbagai macam kebutuhan seperti, kost, biaya kuliah, dll.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kita harus pintar dalam mengelola manajemen keuangan dan harus punya perencanaan dalam keuangan. Jika kita tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik dan tidak memilki visi dan misi dalam manajemen keuangan ibarat kita dalam suatu petualangan pendakian didalam hutan yang terus melangkah hingga mencapai puncak , namun ditengah hutan tidak tersadar bahwa bekal sudah habis, sementara perjalanan ke puncak masih Panjang.

Berbicara tentang manajemen keuangan untuk mahasiswa, mahasiswa yang sering mengharapkan uang kiriman bulanan dari orang tua. Maka tak heran jika mendengar bahkan melihat secara langsung tragedi manajemen keuangan mahasiswa yang amburadul, akhir bulan uang menipis. Ketika tragedi ini terjadi maka tak heran jika mahasiswa harus makan sehari cuman dua kali. Ini prihal salah dan akan mengganggu kesehatan, jika ingin hemat bukan berarti harus mengurangi jumlah jadwal makan dalam sehari. Namun yang harus dipahami dan di praktikkan adalah mengelola keuangan dengan baik.

Oleh karena itu, manajemen keuangan sangat penting sekali bagi mahasiswa agar kebutuhannya selama kuliah itu terjaga dan kuliah nya berjalan dengan baik. Dan menurut saya tips yang baik dalam manajemen keuangan seperti, jangan terlalu mengikuti gaya hidup yang tinggi, tentukan dulu kebutuhan apa yang harus diutamakan terlebih dahulu, simpan sebagian uang sebagai biaya tak terduga, tabung sebagian uang untuk investasi jangka Panjang, dan kita sebagai mahkluk yang percaya agama jangan lupa bersedekah.

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manajemen Keuangan Untuk Mahasiswa

Trending Now

Iklan

iklan