Kini Terdapat 28 Sekolah Deklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak

Kamis, 17 Maret 2022 | 15:30 WIB Last Updated 2022-03-17T16:11:03Z

 


Kabarpendidikan.id
 - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, ingin mewujudkan 511 sekolah ramah anak pada tahun ini. Terwujudnya sekolah ramah anak ini bertujuan untuk menciptakan di lingkungan sekolah tidak ada kekerasan dan perundungan pada anak (bullying) serta memberikan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama berada di sekolah.


Nur Agustina selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Pekalongan, menyampaikan bahwa saat ini telah ada 28 lembaga pendidikan telah mengumumkan sebagai sekolah ramah anak.


"Saat ini sudah ada 28 sekolah mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak. Oleh karena itu, sekolah ramah anak ini akan terus bertambah dan ditargetkan pada 2022 mencapai 511 sekolah," tutur Nur.


Nur Agustina mengungkapkan dalam proses mewujudkan sekolah ramah anak sangat membutuhkan dukungan serta sinergi dari berbagai pihak khususnya seluruh stakeholder yang terkait dengan lembaga pendidikan tersebut. Selanjutnya ia mengatakan, perlu ada dukungan dari semua pihak seperti lurah, camat, dan bunda PAUD untuk mewujudkan sekolah ramah anak ini.


"Jadi kalau ada timbul berbagai masalah di sekolah itu bisa dibantu karena memang harus seperti itu agar dapat segera berbenah," ungkap Nur.


Nur Agustin menyebutkan beberapa indikator yang harus dipenuhi lembaga pendidikan. Indikator itu antara lain kebijakan ramah anak, sarana dan prasaran ramah anak, proses pembelajaran ramah anak, tenaga pendidik yang terlatih konvensi hak anak, partisipasi anak, dan peran dari masyarakat.


(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kini Terdapat 28 Sekolah Deklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak

Trending Now

Iklan

iklan