BK FKIP Uhamka Kolaborasi dengan BK IAIN Batusangkar Laksanakan Konseling Trauma untuk Korban Gempa Bumi di Pasaman Barat

Rabu, 23 Maret 2022 | 15:44 WIB Last Updated 2022-03-23T08:44:34Z


KabarPendidikan.id
- Prodi Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah bencana gempa bumi Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan konseling trauma dengan sasarannya masyarakat korban bencana. Dalam melaksanakan kegiatan tim Abdimas BK FKIP Uhamka mendapat dukungan penuh dari Ketua LPPPM Uhamka dan Pimpinan FKIP Uhamka. 


Kegiatan ini bertujuan sebagai pendampingan psikososial masyarakat korban. Pada pelaksanaan kegiatan tim Abdimas BK FKIP Uhamka berkolaborasi dengan BK IAIN Batusangkar.


Tim BK FKIP Uhamka di wakili oleh Fitniwilis, Fatma Nofriza, Chandra Dewi dan Dony Darma Sagita, dan Tania sebagai mahasiswa. Sedangkan IAIN Batusangkar di wakili oleh Emilia Hardi, Desri Jumiarti, silvianetri, Masri, Ardimen dan Irman serta 4 orang mahasiswa yang mendampingi. Adapun kegiatan ini di sepakati bersama untuk saling support dan bekerjasama di lapangan.


Emilia Hardi selaku kepala Lab. BK IAIN Batusangkar menyampaikan bahwa melalui kegiatan kolaborasi bersama BK FKIP Uhamka kedepannya akan terus menjalin kerjasama.


“Sebuah kesempatan yang luar biasa kami bisa melaksanakan kegiatan ini bersama BK FKIP UHAMKA, semoga kegiatan ini menjadi cikal bakal semangat kita untuk terus bekerjasama kedepannya, dan bermuara dengan adanya MoU antara UHAMKA dengan IAIN Batusangkar” tutur Emilia.


Sementara itu, pihak Chandra Dewi selaku dosen BK FKIP Uhamka menuturkan, banyak kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, kegiatan SEFT, Psikoterapi islam, Play Therapy, Art therapy dilakukan bersama. Kemudian kegiatan di pondok pesantren Al Mukhlisin yaitu kegiatan Konseling kelompok, bimbingan kelompok, layanan Klasikal, role playing dan play therapy. 


“Kami sangat senang dengan kolaborasi dan kerjasama kegiatan ini, dimana kami bisa sharing keilmuan dengan kawan-kawan dari IAIN Batusangkar, dan sebaliknya. Kemudian kerjasama ini juga menjadi ajang silaturahmi antara dosen Uhamka dengan dosen IAIN Batusangkar," ujar Chandra.


Selain kerjasama dengan BK IAIN Batusangkar, tim Abdimas BK FKIP Uhamka juga bekerjasama dengan PW Aisyiyah Sumatera Barat dan memberikan bantuan kepada siswa MTs Muhammadiyah Kajai dan Pusat Koordinasi Tanggap darurat Muhammadiyah yang di gawangi oleh One Muhammadiyah One Respon (OMOR).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BK FKIP Uhamka Kolaborasi dengan BK IAIN Batusangkar Laksanakan Konseling Trauma untuk Korban Gempa Bumi di Pasaman Barat

Trending Now

Iklan

iklan