Oleh : Wildan Falatehan
Mahasiswa FEB Uhamka
Tulisan ini akan mengulas macam-macam strategi
bisnis dan kompetensi dasar bagi seorang wirausahawan dalam manajemen Kewirausahaan. Pertama apa itu Manajemen, kewirausahaan dan Manajemen Kewirausahaan. Manajemen merupakan proses tahapan, pengorganisasian, pengaturan, perencanaan dalam
mewujudkan suatu tujuan
yang telah di tetapkan. Kewirausahaan adalah Proses dalam
menghasilkan keuntungan yang didapatkan dari usaha yang dibangunnya yang juga mengorbankan waktu, tenaga dan modal dalam mensukseskan usahanya.
Jadi Manajemen Kewirausahaan adalah sebuah proses perencanaan yang menyangkut kegiatan
berwirausaha dan cara untuk
mewujudkan kewirausahaan tersebut
dalam membangun bisnisnya.
Lalu seberapa penting sih strategi dalam membangun bisnis?
Membuat perencanaan atau strategi dalam bisnis merupakan hal yang sangat
penting. Dalam melakukan
sesuatu atau segala
hal kita perlu membuat perencanaan agar prosesnya berjalan
dengan lancar, begitu juga dalam membangun bisnis.
Strategi dalam bisnis merupakan hal yang pertama yang harus di buat oleh
seorang wirausahawan. Dengan adanya
strategi bisnis maka kegiatan bisnis yang dijalani akan lebih terarah dan
terstruktur. Dan setiap
masalah-masalah bisnis yang kita hadapi
akan dapat teratasi dengan baik.
Perencanaan atau strategi bisnis ini menyangkut kemampuan
wirausahawan dan lingkungan luar sehingga
wirausahawan dapat bersaing dengan pebisnis lainnya. Macam-macam Strategi
bisnis yaitu Yang pertama, mempunyai
produk baru atau jasa baru yang mampu mendominasi pasar, dalam strategi
pertama ini merupakan
hal yang sulit diterapkan yakni seorang wirausaha
harus bisa membuat produk baru atau jasa baru yang
sebelumnya tidak pernah ada, dan menjadi nilai lebih dari produk itu sendiri, jika strategi ini berhasil maka seorang wirausahawan hanya perlu mempertahankan posisi puncaknya dalam pasar. Yang kedua, mengembangkan keterampilan
untuk membuka peluang yang terdapat
di pasar, dalam pasar banyak peniru yang menirukan produknya sehingga mendapat nilai lebih bagi pembeli, jika hal ini
terjadi maka seorang wirausaha harus mampu pindah ke segmen pasar lain dan menguasai segmen pasar
tersebut yang dianggap tidak adanya peluang oleh pebisnis lain. Lalu yang ketiga adalah merubah
karakteristik dari produk yang dijual, strategi ini merubah barang yang sudah ada menjadi
barang baru yang lebih bernilai
serta bermanfaat, sehingga
wirausahawan dapat bersaing
dengan pebisnis lain.
Selain memiliki strategi
atau perencaan bisnis yang bagus seorang wirausahawan juga harus mempunyai kompetensi dasar. Dalam
Manajemen kewirausahaan, Kompetensi dasar ini adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang wirausahaan agar dapat
mensukseskan bisnisnya. Kompetensi dasar ini adalah yang pertama fokus kepada pasar,
jika seorang wirausahawan mengerti apa saja yang terjadi di pasar, maka akan memudahkannya
untuk menjalankan bisnisnya. Yang kedua, membuat ramalan pendanaan, pembuatan ramalan pendanaan ini bertujuan
untuk menghindari kekurangan biaya pada saat proses bisnis ini berjalan. Yang ketiga membangun
tim manajemen, hal ini memudahkan seorang wirausaha untuk
menjalankan bisnisnya agar pada setiap bagian mempunyai penanggung jawabnya
masing-masing, serta bisnis yang dijalankan
akan lebih tertata.
Jadi dalam tulisan ini dapat kita ambil bahwa dalam Konsep
manajemen kewirausahaan seorang wirausaha
perlu membuat perencanaan bisnis agar seluruh kegiatan bisnis teratur dengan
baik. Sehingga dapat terhindar dari masalah yang akan mempengaruhi bisnis tersebut. Dalam memperoleh bisnis yang baik juga perlu adanya
kompetensi dasar bagi yang menjalankan bisnis yaitu seorang wirausahawan yang bertujuan sebagai
landasan dan acuan bagi wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Baik itu saja yang dapat saya bahas dalam penulisan opini saat ini, mohon maaf bila terdapat
pembahasan atau kalimat
yang kurang sesuai dengan tema karena penulis
masih dalam tahap pembelajaran.