Ekspektasi

Rabu, 26 Januari 2022 | 09:16 WIB Last Updated 2022-01-26T03:39:09Z


Fuza Manis Segara

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering mendengar kata ekspetasi. Setiap orang pasti memiliki keinginan atau harapan besar di dalam hidupnya. Tak heran, jika banyak orang yang berjuang dan berusaha keras agar bisa mewujudkan keinginan tersebut. Meski begitu, terkadang kenyataan tidak sesuai dengan apa yang kita ekspetasikan.


Ekspetasi adalah bayangan yang kita harapkan akan menjadi kenyataan, dan biasanya ini sangat bertolak belakang dengan realita yang ada. Dari harapan yang mungkin bisa terwujud sampai yang mungkin gak bakal terwujud. Seperti kita memiliki mimpi-mimpi di masa kecil sampai sekarang dan belum ada yang terwujud. Ini bisa dibilang ekspetasi yang bertolak belakang dengan realita.


Harapan dan mimpi tidak selalu bisa kita dapatkan. Mulai dari harapan mencapai posisi karier yang diimpikan atau menjuarai pertandingan bulu tangkis tingkat dunia atau juga angan –angan menjadi pemimpin negara. Sebenarnya tak ada yang namanya kegagalan di dunia ini, melainkan sebuah pembelajaran. Ketika seseorang bisa berpikir seperti itu, lagi-lagi perasaan dirinya juga akan bisa berubah.


Realita itu terkadang pahit dan mengecewakan, dan gak seindah apa yang diimpikan selama ini. Mungkin ekspetasi yang kita bayangkan tak sesuai realita itu memang harus terjadi. Dan semua yang kita harapkan memang gak semua bisa terjadi. Ada hal di dunia ini yang mungkin gak harus kita dapatkan atau kita miliki.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ekspektasi

Trending Now

Iklan

iklan