Hasilkan Calon Apoteker yang Kompeten, Uhamka Gelar Pelatihan Preseptor

Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:44 WIB Last Updated 2022-01-29T09:44:27Z


KabarPendidikan
- Prodi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA (Uhamka) menggelar Pelatihan Preseptor yang bekerjasama dengan Asosisasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI). Pelatihan ini dilaksanakan secara daring selama tiga hari pada Kamis-Sabtu, 27-29 Januari 2022.


Pelatihan preseptor ini menghadirkan narasumber dari APTFI di antaranya Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, Prof. Dr. apt. Fatma Sri Wahyuni, Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, Dr. apt. Mahdi Jufri, Prof. Dr. apt. Satibi, Dr. apt. Lucy Sasongko, serta fasilitator Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, apt. Suci Hanifah, Ph.D, dan Dr. apt. Azrifitria. 


Drs. apt. Fauzi Kasim selaku dosen Uhamka yang menyampaikan materi mengenai keterampilan professional. Kegiatan ini diikuti sebanyak 88 peserta yang terdiri dari pembimbing akademik dari PSPA FFS Uhamka dan para preceptor dari rumah sakit, apotek, industri farmasi, distributor (PBF), puskesmas, dan Dinas Kesehatan (Dinkes).


Dr. apt. Hadi Sunaryo selaku Dekan FFS Uhamka mengatakan,pelatihan ini ditujukan untuk para preceptor yang membimbing mahasiswa PKPA di masing-masing institusi.


"Hal ini untuk mendapatkan standar yang sama dalam membimbing mahasiswa dalam rangka menyiapkan calon apoteker yang kompeten di bidangnya," tutur Hadi.


Dilain pihak, Prof. Dr. apt. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc. selaku ketua APTFI, menuturkan bahwa preceptor memiliki peran penting dalam pendidikan profesi apoteker untuk menghasilkan apoteker yang kompeten di bidangnya. 


"APTFI sudah menetapkan capaian pembelajaran untuk Pendidikan S1 Farmasi dan PSPA sekaligus pedoman secara garis besar tentang kurikulum S1 maupun PSPA. APTFI mengakomodasi permintaan IAI dan Himpunan Seminat terkait lamanya praktik kerja profesi, total yang harus dipenuhi oleh seorang calon apoteker adalah 1200 jam, “tutur Daryono.


Rangkaian kegiatan pelatihan ini mendapatkan respon positif dari para peserta. Acara ditutup dengan refleksi dari peserta serta Kaprodi PSPA FFS UHAMKA, Dr. apt. Siska, M. Farm. 


“Melalui kegiatan ini selain pelatihan untuk preceptor juga sebagai ajang silahturahim antara pembimbing akademik dengan preceptor. InsyaAllah PSPA FFS UHAMKA akan terus mengupdate dan menyiapkan perangkat sebagai bekal mahasiswa melaksanakan PKPA dengan terus berkoordinasi dengan para preceptor dari tiap-tiap bidang dalam rangka menyiapkan calon apoteker yang lebih baik dan kompeten di bidangnya,” tutur Siska.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hasilkan Calon Apoteker yang Kompeten, Uhamka Gelar Pelatihan Preseptor

Trending Now

Iklan

iklan