Bus Sekolah DKI telah Aktif di 33 Rute selama PTM 100 persen

Minggu, 09 Januari 2022 | 12:08 WIB Last Updated 2022-01-09T10:37:25Z

 


Kabarpendidikan.id
 - Semenjak Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kapasitas 100% yang berlangsung, bus sekolah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membawa 16 ribu penumpang. Bus yang beroperasi terdiri atas model mikro dan medium ini beroperasi di 33 rute jalan yang tersebar di seluruh DKI Jakarta.


Ali Murthadho selaku Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI menyampaikan "Bus yang kita operasikan ada 33 rute di DKI, itu dari 3 Januari sampai hari ini sudah tembus di 16 ribu penumpang," tuturnya.


Ali mengatakan ribuan siswa itu diangkut oleh 165 unit bus yang sudah disiapkan pihaknya sejak Desember 2021. Sejauh ini, ratusan bus tersebut beroperasi dengan baik. Siswa pun tampak menikmati fasilitas antar jemput yang disediakan Pemprov DKI itu.


Para pelajar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di dalam bus. Beberapa hal yang diterapkan seperti wajib pakai masker untuk para siswa dan duduk yang berjarak ketika di dalam bus.


Ali juga membatasi kapasitas penumpang di dalam bus. Untuk bus ukuran medium hanya menerima 25 penumpang sedangkan bus mikro hanya menampung 17 penumpang.


Tidak sampai di situ, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan ke bus sebelum maupun sesudah bus beroperasi. Hal tersebut dilakukan guna memperkecil potensi menempelnya virus di dalam bus yang telah digunakan.


"Karena memang kita ingin tetap menjamin keamanan. Jadi tetap harus dibersihkan setelah digunakan. Tetap kita bersihkan kita semprotkan sebelum dan setelah digunakan," tutur Ali 


Ali berharap bus tersebut dapat beroperasi dengan baik dan maksimal untuk mendukung jalannya PTM 100 yang baru bergulir satu minggu ini.


(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bus Sekolah DKI telah Aktif di 33 Rute selama PTM 100 persen

Trending Now

Iklan

iklan