Kabarpendidikan.id Pelatihan Pembuatan Video Marketing yang dilakukan Fakultas Teknik (FT)Uhamka merupakan bagian dari pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk penerapan Catur Dharma Perguruan Tinggi.
Adanya pandemic
covid dan pembatasan sosial tidak menjadi hambatan bagi Dosen Fakultas Teknik
Uhamka untuk tetap melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini berkolaborasi
dengan mahasiswa secara online melalui platform Google Meet dengan mengusung
tema Pelatihan Pembuatan Video
Menggunakan Aplikasi Filmora dan Photoshop Guna Meningkatkan Brand Awareness pada Usaha Hana
Aqiqah dan Catering.
Rahmi Imanda, Ketua Acara kegiatan ini mnegungkapkan, “Kondisi sekarang yang serba menggunakan internet, penting sekali bagi
para UMKM untuk mendigitalisasikan marketingnya untuk meningkatkan pangsa
pasar.”
Rahmi
melanjutkan bahwa semenjak pandemi Covid-19, daya beli masyarakat
lebih banyak dilakukan secara online. Hal ini tentunya sangat berdampak bagi
pengusaha kecil menengah, terlebih bagi mereka yang belum terjun ke dalam
digitalisasi marketing.
“Banyak
pengusaha yang mengalami keugian bahkan kebangkrutan. Hal ini juga yang
dirasakan oleh pengusaha Hana Aqiqah dan Catering, yang mengalami penurusan
omset semenjak Covid-19.
Fokus pemasaran yang dilakukan Hana Aqiqah saat ini adalah video marketing,
dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini, salah satunya adalah
aplikasi Filmora,” tutur Rahmi.
Muhammad
Haikal selaku owner dari Hana Aqiqah dan sekaligus peserta pelatihan
menyampaikan rasa terima kasihnya telah memberikan wawasan terkait video
marketing untuk brand awareness sebuah brand
Pelaksanaan
pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik dan lancar. Peserta pelatihan juga
antusias selama proses pelatihan berlangsung dilihat dari ketepatan waktu
kehadiran dan keseriusan dalam mengikuti pelatihan ini.
Diharapkan
dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat menumbuhkan semangat bagi para pengusaha
micro, kecil, menengah dapat membuat video marketing digitalnya sendiri dengan
memanfaatkan teknologi yang ada, tanpa harus mengeluarkan biaya.