Siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Raih Juara Olympic Ahmad Dahlan

Rabu, 29 Desember 2021 | 14:03 WIB Last Updated 2021-12-29T12:59:43Z

 


Kabarpendidikan.id
 - Prestasi juara 3 Olympic Ahmad Dahlan (OlympicAD) Jawa Tengah telah diraih oleh siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang. Kepala SMK 2 Muhammadiyah Muntilan, Untung Supriyadi menjelaskan, terdapat tiga siswa yang berprestasi.


Mereka adalah Khafifah Arum Sari dan Aprilia Nurul Hidayah yang berhasil menjadi juara lomba business plan, serta Widya Prastiwi yang menangkan lomba ekonomi.


"Ketiga siswa tersebut meraih juara tiga pada masing-masing cabang lomba," tutur Untung.


Untung berharap, ketiga siswanya itu dapat menjadi contoh dan motivasi untuk siswa lain agar turut berprestasi. Mereka tidak hanya berprestasi secara akademik, melainkan juga berkarakter baik. Seperti Khafifah Arum Sari, yang sudah berani mencoba usaha online shop.


Menurut Untung, siswanya tersebut menyisihkan keuntungan dari berjualan untuk tambahan uang saku sekolah. 


"Kalau dia sudah bisa mencari uang sendiri, tidak minta uang saku lagi dari orang tua, bahkan pernah membelikan mukena untuk ibunya dari hasil usahanya itu," tutur Untung.


Aprilia Nurul Hidayah juga mempunyai pengalaman yang kurang menyenangkan. Di awal program Kewirausahaan (KWU), kata Untung, orang tuanya meragukan pilihan anaknya. Namun di sekolah, guru memberikan bimbingan ekstra kepada Aprilia. Sehingga ia bisa membuktikan prestasi dari apa yang ditekuninya itu.


Guru pembimbing lomba, Jumarsih menyatakan, bangga dengan ketiga siswanya itu, karena jerih payah dan usaha selama mengikuti lomba tersebut membuahkan hasil. Sebagai pembimbing, Jumarsih mengaku, memberikan pengarahan dan penguatan mental serta menyiapkan sarana dan prasarana penunjang lomba.


"Meskipun sudah juara, tapi harus menggali dan meningkatkan potensi diri untuk terus berprestasi," ujar Jumarsih


Widya Prastiwi, siswa kelas XII Perbankan Syariah, merasakan persaingan di ajang OlympicAD. Cabang lomba tersebut diikuti 51 peserta.

 

"Saya cukup puas berada di urutan ketiga. Saat lomba saya sedikit gugup," ujar Widya.


(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Raih Juara Olympic Ahmad Dahlan

Trending Now

Iklan

iklan