Tips-Tips Mengatur Waktu

Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:07 WIB Last Updated 2021-10-29T01:07:00Z

 



Karya Abdul Azis

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Fikes Uhamka


Waktu merupakan komoditi yang terbatas. Semua orang mempunyai sumber waktu yang sama yaitu 24 jam atau 86.400 detik setiap harinya. Namun ada sebagian orang yang mengaku tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan sesuatu, sebagian lagi justru dapat menyelesaikan banyak hal dibandingkan dengan orang lain. Kebiasaan-kebiasaan yang sering kali dilakukan bahkan menjadi sumber masalah dalam pemborosan waktu. Kebiasaan seperti melakukan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu dikerjakan sama sekali tanpa disadari adalah sesuatu yang sering dilakukan. Manajemen waktu merupakan bentuk usaha yang memanfaatkan pada tiap bagian dari waktu dilakukan dengan beberapa aktivitas tertentu yang mana telah dilakukan penentuan target dan posisi dalam jangka waktu tertentu untuk suatu aktivitas yang harus sudah diselesaikan

Tips pertama yang dapat kita lakukan adalah manage diri. Manage diri dapat dilakukan dengan hal kecil terlebih dahulu dengan memanfaatkan sebuah kalender anda untuk manajemen waktu anda dalam jangka panjang sebagai contoh dalam sebuah bisnis anda pada suatu proyek yang sedang anda kerjakan, anda harus menulis tanggal waktu untuk proyek anda, serta tugas tugas yang harus diselesaikan pada proyek tersebut seperti membuat jadwal meeting.

 

Tips kedua yang dapat anda lakukan adalah rencanakan ke depan. Sebaiknya untuk memulai perencanaan kedepan, dapat kita lakukan dengan memikirkan dan mencatat terlebih dahulu kegiatan-kegiatan apa saja yang terpenting yang ingin kita lakukan di hari ini atau hari esok dan mulailah hari dengan buah pemikiran atau gagasan yang pasti. Untuk mempermudah dapat anda melakukannya dengan baik di setiap harinya, dapat kita membiasakan diri untuk menulis list perencanaan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya dengan pasti.

 

Tips ketiga yang dapat kita lakukan adalah melakukan pengelolaan tugas. Ada beberapa orang yang sibuk dengan tugas pekerjaan, namun dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Ada juga orang yang hanya tergopoh-gopoh dari kemelut satu kemelut yang lain,tapi tugas tidak selesai. Hal ini bisa disebabkan orang tersebut tidak dapat mengelola tugasnya, agar dapat mengelola tugas dengan baik, ada beberapa langkah penting seperti, mengetahui tanggung jawabnya, menerapkan tujuan, dan mengidentifikasi prioritas.

 

Tips yang terakhir adalah menerapkan strategi manajemen waktu. Ada beberapa strategi manajemen waktu, seseorang dapat meluangkan waktunya kira-kira 10 s.d 14 menit untuk mengelola jadwal kegiatan. Yang pertama, membiasakan diri untuk daftar yang berisikan segala sesuatu yang butuh untuk dilakukan dan memprioritaskan menurut segala kepentingannya. Yang kedua, merencanakan kegiatan tertentu dilakukan pada waktu yang tertentu pula. Yang keempat, menemukan waktu bekerja yang optimal,  waktu tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas tugas secara maksimal. Yang terakhir yaitu perorganisasian, seorang perlu memiliki atau mengatur lingkungan dalam menyelesaikan tugas. Dalam hal ini, mungkin diperlukan suasana atau lingkungan yang dipersyaratkan, misalnya harus bebas dari material yang tidak diperlukan, mengurangi gangguan (telepon atau kehadiran orang lain) atau interferensi lingkungan (music atau kebisingan). Dengan beberapa tips berikut, kita dapat mengatur waktu kita menjadi lebih teratur dan menjadi lebih baik lagi.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips-Tips Mengatur Waktu

Trending Now

Iklan

iklan