Kerjasama UT dan UPN Veteran Jawa Timur Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi SDM

Senin, 04 Oktober 2021 | 12:07 WIB Last Updated 2021-10-04T16:26:46Z

 


Kabarpendidikan.id Universitas Terbuka (UT) menjalin kerja sama dengan UPN Veteran Jawa Timur dan Yayasan Pendidikan Khairunnas Surabaya. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama di Gedung Technopark UPN Surabaya pada Kamis (30/9).

 

Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat menyampaikan bahwa kerja sama itu untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di UPN Veteran Jatim khususnya. Pada era teknologi saat ini, hal itu bisa dilakukan karyawan yang sudah bekerja tanpa harus meninggalkan pekerjaraannya.

 

”Kualitas dan kompetensi itu penting. UT menawarkan kemudahan dengan mendatangi tempat mereka sehingga para karyawan tersebut tidak perlu meninggalkan kewajiban pekerjaannya,” tutur Ojat.

 

Rektor UT menyatakan, melalui pengalaman pembelajaran jarak jauh, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada para dosen untuk melakukan pembelajaran secara online. ”UT juga akan bekerja sama dengan para dosen UPN Jatim untuk memperkaya dan mengembangkan bahan ajar,” tutur Ojat.

 

Dia menjelaskan, akselarasi pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sudah menjadi kebutuhan. Hal itu harus segera dilakukan kalangan perguruan tinggi. Apalagi dalam situasi pandemi saat ini.

 

”UT sudah banyak melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Termasuk perguruan tinggi di luar negeri. Karena kan UT bagian dari komunitas pendidikan tinggi jarak jauh dunia,” papar Rektor UT Ojat Darojat.

 

Saat ini jumlah mahasiswa UT sekitar 350 ribu tersebar di seluruh Indonesia dan di 91 negara.

 

”Alumnus UT menjadi lolos seleksi terbanyak 9.436 CPNS. Sebab lulusan UT terbiasa mengerjakan soal online sehingga tidak gagap teknologi,” ucap Ojat.

 

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jatim Akhmad Fauzi menyatakan, pihaknya selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM baik tenaga Pendidikan dan kependidikan serta tenaga umum. ”Salah satunya hari ini (30/9), UPN Veteran Jatim menjalin kerja sama dengan UT,” kata Akhmad Fauzi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kerjasama UT dan UPN Veteran Jawa Timur Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi SDM

Trending Now

Iklan

iklan