Pemkab Nganjuk Kembangkan Sejumlah Aplikasi Elektronik dibidang Pendidikan

Senin, 04 Oktober 2021 | 12:03 WIB Last Updated 2021-10-04T16:25:13Z

 

Kabarpendidikan.id Pemerintah Kabupaten Nganjuk terus berupaya untuk berinovasi dan mengembangkan bidang pendidikan dalam rangka menjadikan Kabupaten Nganjuk semakin maju dan bermartabat. Pengembangan dan inovasi tersebut dilakukan dengan meluncurkan empat aplikasi sekaligus yang berbasis elektronik dibidang pendidikan.

 

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, empat aplikasi yang dimaksud tersebut merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk. Yakni aplikasi E-Bos, Si-Didik, Si-Prestasi, dan Si-Cerdas Berprestasi.

 

Marhaen Djumadi, Minggu (3/10/2021) menyampaikan "Keempat aplikasi di bidang Pendidikan tersebut sebagai upaya kami melakukan pembenahan sektor pendidikan, dan keempat aplikasi itu sudah disosialisasikan dan diluncurkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Nganjuk.”

 

Lebih lanjut Marhaen Djumadi menjelaskan aplikasi E-Bos merupakan aplikasi yang diprogramkan untuk pelaporan bantuan operasional Sekolah (BOS) pada jenjang SD dan SMP berbasis elektronik. Semua yang terkait program BOS di Kabupaten Nganjuk bisa melalui aplikasi tersebut sehingga penggunaan dan pelaporan dana BOS termasuk bila ada persoalan bisa diketahui lebih cepat.

 

"Tentunya aplikasi E-Bos ini cukup penting karena semuanya terkait BOS melalui aplikasi tersebut," ucap Marhaen Djumadi.

 

Sedangkan untuk aplikasi E-Didik, dikatakan Marhaen Djumadi, merupakan aplilkasi untuk pengukuran tingkat efisiensi dan efektifitas kinerja pada satuan pendidikan.

 

Dimana melalui aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengukur kinerja dari guru di satuan Pendidikan tempatnya bekerja.

 

Dengan demikian melalui aplikasi tersebut pelaporan kerja yang dilakukan bisa termonitor secara elektronik.

 

"Aplikasi ini juga cukup penting dalam mengukur tingkat kualitas yang dicapai dari pelaksanaan tugas satuan pendidikan," ujar Marhaen Djumadi.

 

Demikian halnya untuk aplikasi Si-Prestasi, tambah Marhaen Djumadi, merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk guru dan siswa berprestasi jenjang SMP.

 

Dan untuk aplikasi Si-Cerdas Berprestasi merupakan aplikasi perlombaan yang ditujukan untuk peserta didik jenjang SD dan SMP.

 

Dimana dalam aplikasi tersebut para siswa bisa mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan dan diminati sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

 

"Kami berharap dengan empat aplikasi tersebut bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih bermartabat dengan banyak prestasi di bidang pendidikan, terutama bagi para siswa," tutur Marhaen Djumadi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Nganjuk Kembangkan Sejumlah Aplikasi Elektronik dibidang Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan