Belajar Bahasa Inggris Tidak Harus di Ruang Kelas, Loh!

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:33 WIB Last Updated 2021-10-13T08:21:01Z

 


Kabarpendidikan.id 
Di era saat  , Belajar bahasa Inggris tidak hanya bisa dipelajari di ruang kelas. Dengan luasnya akses dan jejaring internet, belajar Bahasa inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menonton film. Jadi tidak hanya diri kita terhibur dengan tayangan menarik dalam suatu film namun kemampuan berbahasa Inggris pun akan semakin terasah.

 

Perlu diketahui bersama bahwa Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang disepakati menjadi bahasa internasional dengan sejarah yang begitu panjang. Oleh karena itulah, bahasa Inggris perlu dipelajari oleh setiap orang.

 

Bahasa Inggris yang menjadi lingua franca global ini tidak hanya dijadikan alat komunikasi lisan dalam pergaulan. Namun juga menjadi alat komunikasi tulisan dalam setiap sendi kehidupan.

 

Namun, kadang dalam proses untuk mempelajarinya orang cenderung bosan karena pembelajaran yang disediakan monoton. Padahal, ada banyak cara untuk mempelajari bahasa Inggris.

 

Dilansir dari laman portal edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, dalam masa pandemi, belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan di rumah menggunakan media sekitar. Salah satunya dengan menonton film.

 

Menonton film berbahasa Inggris bisa menambah pengetahuan kita mengenai frasa baru yang belum pernah kita temui sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa menambah kosakata bahasa Inggris (vocabulary) dan bahasa gaul (slang) dari dialog yang diucapkan tokoh pada film tersebut.

 

Namun, selain menonton film, belajar bahasa Inggris pun juga bisa dipelajari dari menonton video berbahasa Inggris di televisi maupun menyimaknya melalui YouTube.

 

Dengan sering menonton film atau video berbahasa Inggris, kita akan terbiasa mendengarkan percakapan penutur asli bahasa Inggris (English native speakers).

 

Semakin lama, hal ini akan membantu kita meningkatkan listening skill dan membuat kita mengerti apa yang sedang mereka bicarakan.

 

Selain itu, kita juga jadi mengetahui intonasi (aksen) dan pelafalan yang sesuai ketika suatu frasa dikatakan. Nah, untuk melatih kemampuan speaking, kita bisa mencoba melafalkan kata-kata yang baru saja diucapkan oleh tokoh dalam film.

 

Berikut ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk belajar bahasa Inggris lewat film:

 

1. Pilih genre film yang disukai dan disesuaikan dengan tingkat bahasa Inggrismu. Untuk pemula, bisa dicoba menonton film-film yang diproduksi Pixar seperti Toy Story, Finding Nemo, Frozen dan lain-lain.

 

2. Menggunakan subtitle bahasa Inggris. Ketika sedang menonton, jangan menerjemahkan subtitle per kata. Tapi coba untuk menangkap inti atau ide pokok kalimat tersebut. Ketika menemukan frasa yang tidak dimengerti, catat dulu di selembar kertas dan baru cari artinya setelah film selesai.

 

3. Mengulangi part atau adegan yang disukai. Nah, ketika mengulanginya coba untuk mengucapkan dialog yang dikataka dan untuk melatih pelafalanmu.

 

Itulah 3 tips untuk belajar bahasa Inggris melalui film. Selamat mencoba.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belajar Bahasa Inggris Tidak Harus di Ruang Kelas, Loh!

Trending Now

Iklan

iklan