Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) Telah Resmi Berdiri

Jumat, 13 Agustus 2021 | 13:39 WIB Last Updated 2021-08-13T09:34:51Z

 


Kabarpendidikan.id
Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) telah mendapatkan izin resmi dari Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia tertanggal 5 Agustus 2021.

 


Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah bergerak cepat dengan menyiapkan beasiswa terbuka bagi siapa pun belajar di UMAM setelah mengantongi pengesahan dari Pemerintah Malaysia.

 


Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, saat jumpar pers virtual, Kamis (12/8/2021) menyampaikan, "Pada saatnya akan kita buka. Sesuai tradisi Muhammadiyah, membantu pendidikan seluruh warga bangsa."

 


Haedar juga menyampaikan, sejalan dengan visi Muhammadiyah, UMAM juga akan sama dengan Muhammadiyah yaitu mewujudkan pendudukan inklusif. "Begitu pun untuk program beasiswa terbuka bagi siapa pun jika sudah tiba waktunya," tuturnya.

 


Bambang Setiaji, Koordinator Tim Pembentukan UMAM menjelaskan, sebagai langkah awal, program beasiswa ini disediakan hanya untuk guru-guru di lembaga pendidikan milik Muhammadiyah yang masih kecil dan aktivis Muhammadiyah.

 


Namun jika UMAM sudah beroperasi, Muhammadiyah akan terbuka terhadap siapa pun untuk mendapatkan beasiswa. "Jadi beasiswa untuk sementara akan diberikan bagi dosen-dosen di perguruan tinggi Muhammadiyah yang masih kecil dan aktivis-aktivis Muhammadiyah. Karena untuk pendanaan masih belum begitu luas," katanya.

 


Lebih lanjut Bambang menjelaskan, sesuai salinan resmi Surat Kelulusan UMAM ada 15 program studi yang terdiri dari 5 program studi PhD, 5 Program Studi Master dan 5 Program Studi Bachelor. Surat Kelulusan UMAM bernomor JPT/BPP(U)1000-801/172 Jld.(6) tanggal 5 Agustus 2021.

 


Rektor UMAM Adi Waluyo turut mengungkapkan, kelima jurusan PhD tersebut yakni Education, Business and management, Social Science, Islamic Studies, dan Information Technology.

 


Ia mengatakan, saat ini Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) memulai proses persiapan pendirian, pendaftaran di kementerian dan mulai operasional pada program studi yang sudah disetujui sesegera mungkin.

 


"Dalam operasional UMAM bersifat terbuka untuk semua negara dan kebangsaan sebagai wujud pendidikan inklusif bagi semua di ranah global. Muhammadiyah akan terus bergerak bersama dengan seluruh masyarakat untuk mengatasi pandemi. Berjuang bersama bangsa untuk karya-karya cerdas," jelasnya.

 


Usaha mendirikan Universitas Muhammadiyah di Malaysia sesuai ketentuan yang berlaku dimulai dengan pendirian perseroan terbatas (sendirian berhad) di Malaysia pada tanggal 8 Februari 2017.

 


Usaha pendirian UMAM memperoleh dukungan dan persetujuan dari Pemerintah Indonesia melalui Rekomendasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang ditandatangani Menteri Nadiem Anwar Makarim tanggal 7 September 2020.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) Telah Resmi Berdiri

Trending Now

Iklan

iklan