Mahasiswa UMB Yogyakarta Putuskan Jadi Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC)

Jumat, 13 Agustus 2021 | 13:49 WIB Last Updated 2021-08-13T09:36:25Z

 


 
Kabarpendidikan.id Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Muhammad Syafiq Abdan Syakuri membulatkan tekad nya untuk bergabung dengan tim Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) untuk turut berkontribusi dalam berbagai kegiatan penanganan jenazah COVID-19.

 

Seperti diberitakan oleh Ditjen Dikti, Syafiqyang kini menjadi relawan, harus rela menetap di kantor MCCC di Kotagede atau kantor BPBD DIY, dan meninggalkan keluarganya di Sleman untuk sementara waktu.

 

Dalam melaksanakan tugasnya, Syafiq tidaklah sendiri. Ia turut ditemani beberapa rekan sesama mahasiswa. Para relawan ini melakukan berbagai kegiatan seperti dekontaminasi, penjemputan, dan pemakaman jenazah COVID-19.

 

Meski sibuk menjadi relawan, bukan berarti Syafiq dan kawan-kawannya berhenti melaksanakan kewajiban studi. Ia dan tim tetap melakukan perkuliahan daring dari kantor.

 

Selama bertugas, Syafiq dan tim menemui banyak kesulitan. Kesulitan ini berasal dari masih banyaknya warga yang menolak jenazah COVID-19 untuk dimakamkan di lingkungannya.

 

 

Syafiq mengaku, keputusannya bergabung sebagai relawan COVID-19 ini adalah inisiatifnya sendiri. Meskipun dirinya tahu, bahwa tugasnya amat berat dan tidak mendapatkan tunjangan.

 

 

Syafiq dan timnya juga membentuk pusat layanan aduan bagi pasien isolasi mandiri (isoman). Tujuannya, agar dapat memfasilitasi kebutuhan dan persiapan isoman pasien COVID-19.

 

 

Sebab, Syafiq dan teman-teman banyak melihat pasien COVID-19 yang meninggal saat isoman, ditambah beberapa kasus di mana kondisi kesehatan mental mereka juga ikut terpuruk. Hal ini dikarenakan terbatasnya akses kesehatan sementara kasus COVID-19 melonjak pesat.

 

Layanan tim relawan COVID-19 yang terdiri atas Syafiq dan kawan-kawannya ini bekerja sama dengan beberapa universitas, contohnya (Universitas 'Aisyiyah) UNISA Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UMB Yogyakarta Putuskan Jadi Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC)

Trending Now

Iklan

iklan