Inovasi Yoghurt Kaya Rempah yang Bermanfaat Menaikkan Imun Tubuh

Senin, 09 Agustus 2021 | 13:07 WIB Last Updated 2021-08-12T02:44:06Z

 


Kabarpendidikan.id 
Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil melakukan inovasi di masa pandemi Covid-19. Mereka membuat produk yoghurt rempah yang kaya akan manfaat.

 

Melansir laman resmi Unsoed, Minggu (8/8/2021), yoghurt rempah adalah inovasi jamu dengan perpaduan antara yoghurt dan rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, dan kayu manis.

 

Selain itu, yoghurt hasil produksi mahasiswa ini juga ditambahkan madu dengan tetap mempertahankan rasa yoghurt yang asam.

 

Di bawah bimbingan dosen Jurusan Farmasi Dr.rer.nat. apt. Harwoko, M.Sc., tim ini berhasil lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2021.

 

Kelima mahasiswa Unsoed tersebut adalah Vania FK Rohmadi, Sherina Audry, Khairunnisa Nur Ar Royani, dan Yasmine Zahra Shabira dari Jurusan Farmasi, serta Muhammad Irfan Rafif Pratama dari Jurusan Manajemen.

 

Vania selaku ketua tim PKM-K menyampaikan, ide ini muncul karena rempah memiliki kandungan kimia yang kaya manfaat. "Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat membutuhkan suatu inovasi produk yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh," ujarnya.

 

Dijelaskan, berdasarkan kajian literatur mengenai potensi kunyit, jahe, dan kayu manis yang mengandung kurkuminoid serta madu yang mengandung flavonoid telah dibuktikan secara ilmiah berefek antiinflamasi, antioksidan, dan immunostimulan.

 

Kini, produk tersebut telah dipasarkan melalui media sosial dan secara online. Sampai saat ini telah terjual sebanyak 221 botol dengan harga jual Rp 15.000 per botol.

 

Untuk tempat produksi dan penjualan produk yoghurt rempah ini dilakukan di Purwokerto dan sempat mampir ke Yogyakarta.

 

Bahkan produk yoghurt ini telah dibagikan secara gratis kepada para warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) maupun yang tidak isoman. Kegiatan ini diprogramkan oleh salah satu anggota tim yaitu Sherina Audry untuk menyukseskan program KKN Tematik Covid–19 dari LPPM Unsoed di Desa Pegalongan, Kecamatan Patikraja, Banyumas. 


Ternyata, kehadiran produk yang mengusung tagline "1st pelopor yoghurt rempah" ini akhirnya memperoleh sambutan baik dari Loka POM (Pengawas Obat dan Makanan) Kabupaten Banyumas. (TS)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inovasi Yoghurt Kaya Rempah yang Bermanfaat Menaikkan Imun Tubuh

Trending Now

Iklan

iklan