Pemerintah Fokuskan Bangun Talenta Muda Indonesia Lewat Program Manajemen Talenta Nasional

Jumat, 16 Juli 2021 | 20:10 WIB Last Updated 2021-07-18T13:25:49Z

  

Kabarpendidikan.id Pemerintah tengah fokus membina talenta muda Indonesia melalui program Manajemen Talenta Nasional. Hal ini dilakukan untuk meny
iapkan generasi muda untuk dapat memiliki daya saing unggul menuju Indonesia Emas 2045.

 

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono menyampaikan, Indonesia akan menghadapi era bonus demografi pada 2030. "Saat ini pemerintah fokus untuk membangun talenta di bidang riset, seni budaya, dan olahraga," ujar Agus, dikutip dari laman Kemenko PMK, Kamis (15/7/2021).

 

“Pada masa bonus demografi, jumlah penduduk usia produktif akan jauh lebih banyak dibandingkan usia non-produktif. Oleh karena itu, kata dia, dalam rangka menciptakan talenta muda, maka pendidikan dan pengembangan karakter akan menjadi ujung tombak,” Kata Agus.

 

Menurut Agus, dari berbagai karakter yang ada, para talenta muda harus ditanamkan rasa keingintahuan (curiosity), integritas, etos kerja, dan gotong royong. Hal tersebut harus dilakukan sejak dini, tidak hanya melalui pendidikan formal, tetapi juga non-formal seperti keluarga. "Keluarga sangat berperan besar mendidik dan mengembangkan talenta muda," ucap dia. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Fokuskan Bangun Talenta Muda Indonesia Lewat Program Manajemen Talenta Nasional

Trending Now

Iklan

iklan