Implementasi Modal Sosial untuk Ketahanan Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

Minggu, 04 Juli 2021 | 14:03 WIB Last Updated 2021-07-04T07:03:00Z

 

Karya Rizkiaturrizal Umam Asrori

Mahasiswa FEB Uhamka

Ketahanan ekonomi masyarakat akan dapat dicapai melalui strategi modal sosial. Modal sosial merupakan seperangkat nilai atau norma yang dibawa oleh anggota kelompok di dalam komunitas yang memungkinkan kerjasama diantara mereka. Modal sosial memberikan kekuatan masyarakat dalam menghadapi kondisi sulit melalui implementasi norma-norma kolektif yang dapat menumbuhkan kepercayaan diantara anggota masyarakat sehingga jaringan sosial bisa terbentuk. Andaikata anggota komunitas yakin bahwa anggota yang lain dapat dipercaya dan jujur, maka mereka akan saling percaya. Kepercayaan itu seperti pelumas yang membuat komunitas atau organisasi dapat dijalankan sejalan dengan baik. Norma-norma yang menghasilkan modal sosial meliputi nilai kejujuran, menunaikan kewajiban, dan berlangsung secara saling menguntungkan.


Covid-19 ini merupakan permasalahan yang sangat besar bagi seluruh dunia dikarenakan sebuah masalah yang tumbuh. Banyak sekali kesusahan dikarenakan adanya Covid-19, Seperti ekonomi kita saat ini menjadi salah satu dampak dan mengalami penurunan, pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia padahal tujuannya Indonesia menggapai sebuah kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dikarenakan adanya ekonomi yang cukup naik dan apa yang dihasilkan sejajar. Jadi ini menjadi permasalahan dikarenakan Indonesia dimana adanya krisis yang bermula adanya nilai penjualan menjelma melonjak karena gentingnya, dikarenakan menyebarnya krisis terhadap rakyat. Naiknya perubahan di saat itu membuat masyarakat menjadi turun terhadap pembelian terhadap barang, terlebih khusus golongan yang biasanya selalu lebih turun, berubahnya jumlah uang bisa membuat bertambahnya bunga, adanya kebutuhan jasa menjadi bertambahnya uang yang menyebabkan sebuah penurunan dalam sektor keseluruhan.


Komunikasi yang harmonis serta kondusif. Artinya bahwa modal sosial memberi kekuatan atau daya dalam beberapa kondisi-kondisi sosial dalam masyarakat. Konsep ini dilakukan oleh masyarakat baik individu maupun kelompok untuk saling memenuhi kebutuhan namun tetap dalam kawasan yang tidak terlalu jauh dari rumahnya (saling berdekatan). Sebagai contoh dari segi ekonomi, masyarakat saling berkolaborasi untuk menghasilkan barang-barang produksi sendiri yang berkualitas dengan menjaga harga yang normal pada umumnya. Target pasar dari aktivitas produksi ini adalah masyarakat di sekitarnya sendiri. Sehingga ini akan memunculkan jaringan dan rasa kepercayaan yang kuat antar sesama. Hal ini juga akan mendorong masyarakat untuk semakin kreatif dalam berinovasi karena terdapat peluang dalam melakukan bisnis.


Strategi pemasaran yang mudah adalah melalui cara internal dan eksternal. Pemasaran internal melalui tetangga ataupun sedikit memanfaatkan teknologi yang ada, seperti mengunakan media sosial chat yang beranggotakan beberapa penduduk dari suatu daerah yang tidak terlalu jauh. Sedangkan untuk strategi eksternal bisa mengoptimalkan teknologi secara maksimal melalui platform. Dengan demikian, implementasi modal sosial melalui praktik ekonomi dapat diwujudkan dalam bentuk kerjasama diantara anggota masyarakat untuk menghasilkan barang-barang produksi sendiri yang berkualitas dengan tetap menjaga harga. Target pasar dari aktivitas produksi ini adalah masyarakat di sekitarnya sehingga akan memunculkan jaringan dan rasa kepercayaan yang kuat antar anggota masyarakat. Kondisi yang seperti ini akan mendorong masyarakat untuk tetap kreatif, inovatif dan produktif di masa pendemi Covid-19. Pandemi membuat pasar ekonomi anjlok, yang tergambar dari lemahnya permintaan dan penjualan, turunnya pendapatan bisnis dan tidak sedikit perusahaan barang dan jasa yang merugi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Implementasi Modal Sosial untuk Ketahanan Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan