Teknik Pomodoro, Cara Melakukan Pekerjaan Dengan Efektif

Rabu, 09 Juni 2021 | 18:44 WIB Last Updated 2021-06-16T02:35:58Z

 


Kabarpendidikan.id
Pernahkah Anda merasa waktu seharian tidak cukup untuk melakukan daftar pekerjaan Anda? Atau merasa Anda sulit fokus dan mudah terdistraksi? 

Mungkin Anda bisa mencoba Teknik Pomodoro untuk meningkatkan produktivitas Anda.


Apa itu Teknik Pomodoro?


Teknik Pomodoro adalah teknik untuk mengatur waktu agar waktu yang Anda gunakan untuk melakukan sesuatu menjadi efisien. Teknik ini ditemukan oleh Francesco Cirillo asal Italia.


Teknik ini dinamakan Pomodoro yang dalam Bahasa Italia berarti tomat, karena saat menerapkan teknik ini, Cirillo menggunakan pengatur waktu yang ada di dapurnya yang berbentuk tomat.


Teknik ini cukup sederhana. Caranya adalah Anda harus bekerja selama 25 menit, kemudian beristirahat 5 menit. Siklus ini diulang sebanyak 4 kali. Setelah 4 kali siklus, Anda bisa beristirahat lebih lama, yaitu sekitar 15-20 menit.


Untuk mencoba teknik ini, Anda bisa menggunakan pengatur waktu apapun. Saat ini sudah banyak aplikasi ponsel yang memberikan fitur pengatur waktu khas Pomodoro, atau Anda juga bisa mengatur waktu manual, bahkan menggunakan jam meja biasa.


Bagaimana pengaruh Teknik Pomodoro pada produktivitas?


Teknik Pomodoro mendorong Anda untuk fokus pada satu pekerjaan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Waktu 25 menit dianggap cukup singkat, namun cukup efisien untuk melakukan suatu pekerjaan dengan fokus tanpa distraksi.


Sedangkan waktu istirahat yang cukup singkat, yaitu 5 menit, diangggap cukup untuk menyegarkan otak. Dalam waktu 5 menit, Anda bisa mengecek notifikasi di ponsel Anda yang mungkin mendistraksi di sela waktu kerja Anda, atau sekedar meminum segelas air putih.


Jika waktu istirahat terlalu lama, Anda mungkin akan kehilangan fokus dan sulit untuk memulai pekerjaan Anda kembali. Jadi, waktu 5 menit adalah waktu yang optimal untuk berhenti sejenak.


Kapan menggunakan Teknik Pomodoro?


Anda bisa menggunakan Teknik Pomodoro untuk berbagai macam pekerjaan, seperti menulis, desain, belajar, atau berbagai pekerjaan lainnya. Dengan teknik ini, Anda juga bisa memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sebuah proyek pekerjaan.


Teknik ini juga sangat bermanfaat jika Anda memiliki daftar pekerjaan yang banyak yang harus dilakukan. Teknik ini membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan memaksa Anda untuk patuh pada pengaturan waktu yang ketat.


Manfaat Teknik Pomodoro


Kerika Anda melakukan perkerjaan, Anda sering mendapatkan distraksi berupa keinginan melakukan sesuatu, notifikasi ponsel, atau godaan untuk mengecek pekerjaan lainnya. Padahal itu akan membuat waktu Anda terbuang dan tidak efisien.


Menerapkan Teknik Pomodoro bisa membuat Anda bisa lebih fokus terhadap pekerjaan dan meminimalisir distraksi yang selama ini sering mengganggu Anda.


Anda juga bisa lebih termotivasi menggunakan teknik ini. Anda bisa membayangkan bahwa Anda sedang bermain game melawan waktu. Setiap pengatur waktu Anda berbunyi, maka Anda berhak untuk naik ke level berikutnya.


Cara ini akan membuat bekerja dengan Teknik Pomodoro terasa lebih menyenangkan dan mengurangi tekanan pekerjaan yang sering Anda rasakan. Jadi, siap bermain dengan Teknik Pomodoro hari ini?

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Teknik Pomodoro, Cara Melakukan Pekerjaan Dengan Efektif

Trending Now

Iklan

iklan