PPDB Baru Dimulai, Siswa Pendaftar SMP Negeri Cimanggis, Depok Kewalahan

Rabu, 09 Juni 2021 | 18:16 WIB Last Updated 2021-06-09T11:16:14Z


Kab
arpendidikan.id PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) telah dimulai untuk tahun ini. Untuk tahapan gelombang pertama di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta telah dibuka sejak kemarin (07/06/2021). Untuk PPDB tahun ini masih dilaksanakan secara online karena masih adanya kekhawatrian pemerintah dan masyrakat akan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, pendaftaran dilakukan melalui website pendaftaran PPDB diwebsite daerah provinsi masing masing.


Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi mengatakan, tahap pertama PPDB 2021 telah dibuka untuk masyarakat dan orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke jenjang sekolah lebih lanjut. "Informasi dan sosialisasi sudah dilakukan. Aturan pun telah dibuat secara transparan dan adil, silakan daftar sesuai kondisi jalur dan zonasi yang tersedia," kata Dedi.


Namun disetiap ada kemudahan pasti ada kesulitan dibaliknya, terutama bagi siswa yang mau naik jenjang SMP di Cimanggis, Depok. Daerah yang terkenal dengan buah belimbingnya yang berlimpah ini tetapi tidak untuk sekolah SMP Negeri yang sangat minim, minoritas dan tidak terlalu banyak. Sebelum diresmikannya zonasi, banyak para siswa depok yang bersekolah di SMP Negeri di Jakarta Timur dan Sekitarnya karena minimnya SMP Negeri di Cimanggis dan hanya ada SMPN 8 sebagai alternatif satu satunya. Namun sejak aturan baru PPDB diberlakukan, banyak siswa depok yang ingin melanjutkan jenjang ke SMP Negeri tertunda karena alasan domisili, zonasi dan kuota siswa dari luar DKI Jakarta yang sangat dikit. Ditambah lagi salah satu SMP Negeri di Cimanggis adalah SMP Negeri 8 dan sisanya adalah sekolah SMP Swasta yang bayarannya sangat mahal dan SMP Negeri diluar Cimanggis seperti di Cilodong, Sawangan, Pancoran Mas dan Lainnya yang jaraknya sangat jauh dari rumah mereka. Masyarakat Cimanggis sudah banyak mengeluh tentang masalah ini karena dikhawatirkan akibat dari sistem domisili siswa siswa di Cimanggis, Depok tidak bisa mendapat pendidikan yang layak dan sesuai dengan harapan dan kemampuan siswa.


Oleh Karena Itu, diharapkan kedepannya sistem pendidikan di Indonesia terutama diwilayah Cimanggis, Depok yang sangat jarang SMP Negeri bisa ditingkatkan kualitasnya dan diberdayakan fasilitas pendidikannya sehingga para siswa siswa Cimanggis yang khawatir tidak dapat SMP Negeri bisa mendapatkannya dan bersekolah tanpa harus khawatir dengan biaya yang mencekik dan dapat memperoleh pendidikan yang layak dan baik sama seperti siswa didaerah lainnya. (GL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPDB Baru Dimulai, Siswa Pendaftar SMP Negeri Cimanggis, Depok Kewalahan

Trending Now

Iklan

iklan