Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:40 WIB Last Updated 2021-06-16T03:28:30Z

 

 M. Zaenal Arifin

Mahasiswa FEB UHAMKA


Bagi kalian yang punya cita-cita sebagai seorang akuntan ataupun konsultan pajak kalian bisa memilih kuliah di  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi

 

Akuntasi adalah sebuah program studi yang menyiapkan mahasiswanya untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika. Ilmu Akuntansi lalu diaplikasikan di berbagai instansi bisnis, baik yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan.

 

Bagi yang suka hitung menghitung tentu akan merasa asyik dan nyaman selama mengikuti perkuliahan dibidang akuntansi ini. Disini kita akan dilatih ketelitian dan detail dalam melihat sebuah laporan keuangan.

 

Setelah lulus dari jurusan akuntansi, kita bakalan dapetin gelar S.E (Sarjana Ekonomi). Tapi, kalau kita mau jadi akuntan publik, kita harus sekolah lagi selama 1 tahun dan ikutin Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP) sedangkan untuk menjadi konsultan pajak harus mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

 

Ada banyak opsi lain yang bisa kita coba sebagai lulusan akuntansi. Mulai dari akuntan, ahli keuangan, sampai konsultan pajak. Kalau kita suka dengan jenis pekerjaan start up, kita bisa masuk ke start up yang bergelut di ranah financial planner. Mungkin profesi ini nggak terlalu jauh beda sama konsultan pajak, tapi yang dikelola adalah keuangan. Kliennya pun beragam. Bisa perorangan, maupun kelompok atau organisasi.Kita juga bisa masuk ke badan-badan pemerintahan seperti Dirjen Pajak atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Trending Now

Iklan

iklan