Mengenal Lebih Dalam tentang Jurusan Akuntansi

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:29 WIB Last Updated 2021-06-16T03:34:18Z

 

 Husnia Faizzah Fikriah

Mahasiswa FEB UHAMKA 

Siapa sih yang tidak mengenal jurusan kuliah yang satu ini? Pasti diantara kalian semua sudah tidak asing lagi mendengar jurusan kuliah yang satu ini. Ya, jurusan akuntansi ini sangat sering dibicarakan oleh para siswa yang ingin duduk dibangku kuliah. Sebenarnya apa sih akuntansi itu? Akuntansi adalah salah satu jurusan program studi dalam fakultas ekonomi dan bisnis. Akuntansi juga merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi. Akuntansi juga mencatat semua aktivitas yang berkaitan dengan uang.

Ilmu akuntansi ini sering sekali kita temui dan kita terapkan untuk kehidupan sehari-hari hingga di suatu perusahaan, terutama pada kegiatan dalam berbisnis. Di sebuah perusahaan pasti memerlukan seorang akuntan, yang dimana bertugas untuk mencatat hingga mengoolah data keuangan dari sebuah perusahaan. Akuntansi ini juga mempunyai macam-macam bidangnya yaitu, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi, audit, sistem informasi akuntansi, akuntansi pajak, dan akuntansi forensik

Ketika kita memilih jurusan akuntansi, maka sudah pasti yang kita jumpai adalah angka-angka dan perhitungan sebagai bentuk transaksi. Di sisi lain akuntansi juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari dan bagi perusahaan, diantaranya memberikan informasi kondisi keuangan, gambaran tingkat laba perusahaan, hingga penentuan pajak perusahaan, dan masih banyak lagi.

Banyak yang bilang akuntansi itu rumit bahkan sulit. Sebenarnya tergantung dari diri kita yang menjalaninya, jika kita suka dan penasaran pasti kita akan mencari tahu bagaimana akuntansi itu. Akuntansi itu akan mudah jika kita menyukainya dan terus dipelajari. Menurut saya ilmu akuntansi itu sangat penting untuk kita ketahui, paling tidak untuk diri kita sendiri.

Sebagai seorang akuntan kita harus selalu teliti dalam perhitungan, pantang menyerah, mempunyai wawasan yang luas, konsisten. Sebagai seorang akuntan juga selalu dibutuhkan sebagian besar lembaga dan instansi bak swasta maupun pemerintahan. Bahkan, industry menegah bawah pun membutuhkan seorang akuntan. Hal ini membuat peluang kerja anak akuntansi terbuka sangat lebar.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Lebih Dalam tentang Jurusan Akuntansi

Trending Now

Iklan

iklan