Mahasiswa FAI UHAMKA telah menyelenggarakan KKS di Bekasi Utara

Jumat, 04 Juni 2021 | 13:09 WIB Last Updated 2021-06-04T06:09:12Z


Kabarpendidikan.id
Sudah setahun pandemi covid-19 berlangsung, selama pandemi banyak aspek kehidupan yang terhambat dan tidak berjalan dengan baik, terutama dalam aspek pendidikan. Selama pandemi ini pembelajaran dilangsungkan dengan melalui daring atau online. Begitu juga dengan kegiatan pengabdian masyarakat atau biasa disebut KKS (Kuliah Kerja Sosial).


Untuk mewujudkan kegiatan pengabdian masyarakat, civitas akademik mahasiswa dan dosen Fakultas Agama Islam Universitas Prof. DR. HAMKA menyelenggarakan KKS yang berkolaborasi dengan lembaga masyarakat.


Kegiatan ini melibatkan karang taruna RW 23 Pondok Ungu Permai, Kaliabang, Bekasi Utara yang terdiri dari tiga orang dengan ketua tim Royhan Teruna Syahida, dengan anggota Fadhel Muhammad Syauqi dan Alendi Amara. Kami melakukan pengabdian dengan mengadakan program kajian dasar-dasar Islam, kegiatan KKS ini berlangsung dari tanggal 28 Januari 2021 sampai 28 Februari 2021 yang bertempat di masjid Baitul Ihsan, Pondok Ungu Permai. Tujuan dari diadakannya program tersebut diharapkan kepada masyarakat RW 23 khususnya pada lembaga karang taruna untuk meningkatkan kembali pemahaman dasar-dasar Islam.


Selama kegiatan ini kami menyampaikan kajian atau materi yang berkenaan dengan dasar-dasar Islam dan disesuaikan dengan tema. Diantara materi tersebut ialah pendalaman hukum tajwid, kajian dasar Sholat, Kajian dasar bersuci atau berwudhu, dan Sejarah Kebudayaan Islam. 


Adapun kami dalam menyampaikan materi tersebut dengan metode ceramah dan diskusi. Metode ini membuat partisipan menjadi lebih tertarik terhadap apa yang disampaikan. Untuk mempermudah kegiatan, kami melakukan kajian menggunakan media atau yang dapat menunjang dalam penyampaian kajian tersebut, media yang kami gunakan terdiri dari: Papan Tulis, penghapus, spidol, buku-buku tajwid, buku tentang cara wudhu dan tata cara shalat dan Buku Sejarah Kebudayaan Islam.


Pada akhir kegiatan bapak Haji Asmuni selaku ketua DKM masjid Baitul Ihsan yang berada di lingkungan sekitar, menyampaikan bahwa ia sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan KKS tersebut, ia senang melihat kembali pemuda karang taruna semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut, ia berharap kedepannya kegiatan ini terus berlanjut dan melibatkan banyak anak muda.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FAI UHAMKA telah menyelenggarakan KKS di Bekasi Utara

Trending Now

Iklan

iklan