Sederetan Sekolah yang dimiliki Luhut Merupan yang Terbaik Nasional

Jumat, 04 Juni 2021 | 12:17 WIB Last Updated 2021-06-04T08:20:56Z


Kabarpendidikan.id
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga Pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Del, menyampaikan bahwa pendidikan menjadi kata kunci pembangunan suatu bangsa. Apalagi, semakin ke sini teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa.


"Awalnya, saya tak terpikir mendirikan yayasan. Setelah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura, saya hanya ingin membuka sekolah agar kualitas manusia, terutama yang berada kampung halamannya di Toba, meningkat," kata Luhut dalam Media Luncheon Ulang Tahun ke-20 Yayasan Del di Jakarta, Senin (31/5/2021).


Yayasan Del yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan kebudayaan akan berupaya memberikan kontribusi bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia, yakni dengan melebarkan sayap sehingga sumber daya manusia berkualitas dapat tercipta dan berguna bagi bangsa Indonesia.


Sekolah pertama yang didirikannya pada 2001 adalah Politeknik Informasi Del dan sekarang berubah nama menjadi Institut Teknologi Del. Kampus ini fokus pada dua bidang, yakni teknologi informasi dan bioteknologi. Saat itu, ia meyakini kedua bidang tersebut akan jadi tumpuan di masa datang.


Menurutnya, saat pendirian kampus tersebut, dirinya menggandeng sejumlah dosen dari ITB University untuk memformulasikan kurikulum bagi calon mahasiswa sekaligus meminta mereka mengajar di sana. "Ternyata memang dua bidang itu kita butuhkan sekarang. Saya baru pulang dari Korea, di sana diperlihatkan bagaimana bioteknologi merasuk ke kehidupan kita. Bidang pertanian, kesehatan, dan lain-lain," ujar Luhut.



Kemudian pada 2007, Yayasan Del membuka Sekolah Noah untuk tingkat playgroup, TK dan SD. Sekolah ini dikelola anak pertama Luhut Binsar Pandjaitan. Kisahnya dipicu rasa frustasi sang anak saat disuruh mengelola bisnis ayahnya. Kini, sekolah tersebut tersedia dari jenjang TK hingga SMP.


Selanjutnya pada 2012, Yayasan kembali membuka sekolah, yakni SMA Unggul Del yang merupakan sekolah berasrama. Lokasinya tetap di daerah Toba. Saat ini, SMA Unggul Del menempati ranking ke 3 terbaik nasional berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Saat ini, SMA Unggul Del yang berlokasi di Desa Sitoluma, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, sangat diminati.


Yayasan Del pun semakin melebarkan sayapnya. Pada 2013, sang cucu pertama Luhut, Faye Hasian Simanjuntak, mengusulkan untuk membuat rumah aman bagi anak-anak korban perdagangan manusia di Batam. Hingga kini, 136 anak sudah diselamatkan.


Tak berhenti di situ, pada 2018, Yayasan Del juga meresmikan Radio Del FM dan TobaTenun yang fokus pada pelestarian tradisi leluhur, khususnya ulos. Saat ini, Luhut mengaku hampir semua afiliasi sudah bisa mandiri dalam menghidupi operasionalnya. Kalau pun ada yang masih perlu disubsidi, angkanya tak sebesar dulu. "Mungkin 2023, (IT Del) enggak disubsdi lagi, tapi mereka ada dana abadi. Dari mana sumbernya? Itu berasal dari keuntungan tiap tahun perusahaan saya, dikasihkan ke endowment," jelas Luhut.


Walau terkesan mulus-mulus saja, Luhut mengaku juga menghadapi hambatan, termasuk soal birokrasi, saat mengembangkan yayasan dan institusi pendidikan tersebut. "Birokrasi kita masih sangat feodal. Dalam menjadi menteri kan tugasnya harusnya melayani. Kenapa? Karena kita digaji rakyat, tapi sekarang sudah mulai terbalik," terangnya.


Luhut dan istri sengaja melibatkan anggota keluarga mereka dalam mengelola yayasan dengan enam afiliasi tersebut. Ia ingin meninggalkan warisan tradisi bila sudah meninggal nanti. Di samping, mengembangkan yayasan tak bisa sendiri, harus bekerja sama dengan tim yang punya passion yang sama agar maju.


"Ini kontribusi kami sekeluarga, walau kecil tapi kuat. Saya imbau orang berada untuk bentuk semacam ini kalau mau bangsa ini maju," kata Luhut.


Maka itu, perayaan ulang tahun ke-20 Yayasan Del mengangkat tema "From Heritage to Legacy." Devi berharap bisa meninggalkan pemikiran bahwa pendidikan untuk orang lain itu sangat perlu. "Walau anak kami empat, kami selalu bilang anak kami itu ada lima. Yang ke-5 itu Del. Semua diperlakukan sama dan setara. Kalau kami check-out suatu hari nanti, kami sudah bilang yang ada itu nanti dibagi lima," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sederetan Sekolah yang dimiliki Luhut Merupan yang Terbaik Nasional

Trending Now

Iklan

iklan