Battle Of Animation : Animasi Jepang Bertambah Laris, Animasi Disney Menangis

Rabu, 23 Juni 2021 | 13:25 WIB Last Updated 2021-06-23T14:45:27Z

 

Kabarpendidikan.id Box office Amerika Serikat saat ini digemparkan dan diramaikan oleh rekor penghasilan film box office yang tidak biasa untuk Penghasilan Box Office Tertinggi Film di tahun 2020 yaitu dengan animasi Jepang pertama yang menduduki peringkat 1 pendapatan box office tertinggi tahun 2020 yang dipegang oleh Demon Slayer : Kimetsu No Yaiba Mugen Train The Movie. Hal tersebut merupakan pencapaian terbaik dalam animasi Jepang karena berhasil mengalahkan rekor box office animasi yang biasanya dipegang oleh animasi Disney disetiap pendapatan tertinggi box office akhir tahun dibeberapa tahun terakhir (22/06/2021).


Hal tersebut bukan yang pertama kalinya. Pada 2001 yang merupakan tahun dimana animasi Jepang mulai ditengok oleh seluruh peminat animasi di Amerika dengan dirilisnya Spirited Away, dimana merupakan animasi pertama yang berasal dari luar Amerika yang mendapatkan penghargaan Academy Award sebagai Best Animation of The Year pada tahun 2002. Hal tersebut berlanjut hingga akhir akhir ini pada tahun 2016 dimana ketika Disney merilis beberapa animasi seperti Zootopia dan Finding Dory, Jepang merilis animasi mereka kali ini berjudul Kimi No Nawa atau Your Name dimana banyak kritikus film animasi yang berpendapat bahwa Your Name merupakan salah satu film animasi terbaik dan dengan pendapatan tertinggi animasi Jepang saat itu yang sebelumnya dipegang Spirited Away. Dengan rating 98% dari Rotten Tomatoes lebih tinggi dari Zootopia dan Finding Dory dari Disney, bahkan majalah New York Times menyebutnya sebagai "Kisah Animasi Jepang Terindah dan Terbaik".


Persaingan animasi kedua negara ini kembali memanas pada tahun 2020. Ketika Disney merasakan dampak pandemik pada penghasilan box office mereka seperti Mulan dan Onward dengan gagalnya film tersebut meraih peringkat 10 besar box office tertinggi akhir tahun. Pada akhir tahun 2020, studio toho dari jepang merilis film animasi mereka Demon Slayer : Mugen Train dan menjadi animasi dan film dengan pendapatan tertinggi ditahun 2020. Bahkan ditahun 2021 ketika Disney merilis Raya and The Last Dragon pada Maret 2021, Demon Slayer masih mampu mengalahkan pendapatan box office Raya dengan dirilisnya Demon Slayer pada April 2021 di Amerika Serikat dan menjadi box office nomor 1 pada opening weeks atau pendapatan raring mingguan box office amerika. Kedua Animasi tersebut baik Raya and The Last Dragon dan Demon Slayer : Kimetsu Yaiba Mugen Train merupakan animasi terbaik yang dirilis dari kedua negara Amerika dan Jepang juga merupakan persaingan animasi yang sedang memanas tahun ini antar keduanya setelah tahun 2001 dan 2016. "Demon Slayer memiliki animasi yang sangat bagus dan menakjubkan juga aksi aksi yang berfungsi sebagai plot sepenuh hati yang pasti akan memuaskan penggemar." begitulah kritikus dari Rotten Tomatoes dengan memberikan rating 97% terhadap Demon Slayer.


Pengalaman saya melihat fenomena tersebut bisa disebut sebagai ajang "Battle Of Animation" dimana kedua negara merilis animasi terbaik mereka untuk menjadi nomor satu di box office dan nomor satu dalam rating animasi terbaik tahunan. Juga melihat kedua animasi tersebut lebih mengarah kepada animasi Demon Slayer, selain animasi Jepang pertama yang menduduki nomer 1 box office akhir tahun juga merupakan animasi yang dapat menggabungkan Efek CGI dengan Animasi Tradisional yang masih bersifat seperti kartun. Namun Raya & The Last Dragon juga merupakan animasi terbaik menurut saya karena sebagai tanda kembalinya Disney di box office Amerika dan dunia setelah 2020. Tetap kedua animasi tersebut merupakan topik box office yang sedang memanas akhir akhir ini sebagai era baru "Battle of Animation" antara kedua negara Amerika dan Jepang atau bahkan dari negara lain nantinya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Battle Of Animation : Animasi Jepang Bertambah Laris, Animasi Disney Menangis

Trending Now

Iklan

iklan