Dampak Menggunakan Smartphone Dalam Dunia Pendidikan

Sabtu, 26 Juni 2021 | 10:11 WIB Last Updated 2021-06-26T03:11:00Z

 

Karya Aldi Mediza

Mahasiswa FEB Uhamka

Smartphone atau telepon pintar saat ini sudah menjadi hal yang lumrah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan anak-anak di usia Sekolah Dasar atau Taman Kanak-Kanak pun sudah banyak yang memiliki telepon pintar mereka masing-masing.

 

Smartphone dapat disebut sebagai komputer mini dalam bentuk telepon genggam. Orang-orang dapat mengakses berbagai aplikasi komunikasi, pendidikan, sosial dengan hanya menggunakan smartphone tanpa harus membuka komputer.

 

Tidak bisa dihindari jika penggunaan smartphone terkadang sangat dibutuhkan oleh para pelajar atau mahasiswa. Tidak jarang tugas-tugas di sekolah atau membuat mereka mau tidak mau mengakses internet di smartphone mereka karena informasi yang mereka cari tidak ada di dalam buku pelajaran mereka.

 

Namun, tidak sedikit pula dampak negatif dari penggunaan smartphone untuk pada penuntut ilmu tersebut. Hal inilah yang membuat adanya pro dan kontra antara manfaat dan kerugian dalam penggunaan smartphone dalam dunia pendidikan.

 

Dampak Positif Smartphone di Dunia Pendidikan

 

Mempermudah komunikasi

Misalnya dalam tugas kelompok, ada anak yang tidak bisa datang, dia tetap bisa mengikuti proses mengerjakan tugas kelompok melalui grup komunikasi yang ada.

 

Media hiburan

Misalnya games yang dapat meningkatkan kemampuan murid-murid yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan mereka, atau games yang mengasah kemampuan mengingat atau berhitung.

 

Meningkatkan pengetahuan

Hal ini sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas mereka dan dapat meningkatkan pengetahuan mereka dan membantu mereka untuk meningkatkan prestasi akademik mereka.

 

Dampak Negatif Smartphone di Dunia Pendidikan.

 

Prestasi akademik menurun

Penggunaan smartphone secara tidak tepat dapat menyebabkan prestasi akademik menurun. Salah satu penyebabnya karena mereka tidak dapat mengingat atau menangkap informasi yang diberikan saat proses belajar mengajar karena teralihkan perhatiannya oleh smartphone mereka.

 

Membuat kurang berempati dengan lingkungan sekitar

Misalnya, disaat ada acara pertemuan dengan keluarga atau teman-teman, tidak sedikit yang malah asik menunduk dan bermain smartphone ketimbang saling bertukar kabar dan cerita dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

 

Mengurangi daya tangkap otak dan daya ingat

Otak tidak dilatih untuk berpikir jika mengandalkan smartphone secara terus menerus dalam proses belajar mereka dan tidak jarang hal ini menyebabkan daya tangkap mereka berkurang.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Menggunakan Smartphone Dalam Dunia Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan