Uhamka Meriahkan Bulan Suci Ramadan dengan Berbagai Kegiatan Hingga Berangkatkan Dosen dan Karyawannya Beribadah Haji

Senin, 12 April 2021 | 15:50 WIB Last Updated 2021-04-13T14:55:35Z


Kabarpendidikan.id
Dalam menyambut bulan suci Ramadan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau UHAMKA tingkatkan keimanan dengan mengadakan sedikitnya 10 kegiatan yang bersifat keagaaman dan hal ini akan terus bertambah di tingkat fakultas maupun kemahasiswaan.

 

Hal ini dibenarkan dan diinformasikan oleh pihak perwakilan pimpinan Uhamka. Dalam kaitan ini, Dr. Bunyamin selaku Wakil Rektor IV yang membidangi keagamaan bahwa “Uhamka akan memeriahkan Bulan Suci Ramadan 1442 H dengan berbagai kegiatan kegamaan demi meningkatkan keimanan kita di Bulan Suci Ramadan ini. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan ada sekurangnya 10 kegiatan dan Insya Allah akan terus bertambah di masing-masing Fakultas maupun Mahasiswa,” ujarnya

 


Sepuluh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Uhamka diantaranya yaitu, Gebyar Ramadan dengan aktivitas 13 mata perlombaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa, dosesn, karyawan, bahkan siapapun diluar Uhamka boleh mengikuti termasuk siswa yang masih di tingkat sekolah. Hal ini juga menjadikan bentuk syiar dakwah Uhamka kepada masyarakat luar, bahkan terhadap siswa yang masih bersekolah.

 

Kegiatan kedua yaitu bertadarus online, kegiatan ini yang dilaksanakan oleh semua unit di Uhamka baik di lingkungan pimpinan, dosen,karyawan, bahkan hingga ke cleaning service wajib mengikuti kegiatan uhamka bertadarus online ini. Kegiatan ini terlaksana sejak awal Pandemi Covid-19 dan hingga kini terus terlaksana bahkan di Bulan Suci Ramadan inilah akan terus digalakkan lagi. Sehingga tzdarus ini dapat menjadikan habit bagi warga Uhamka.

 

Bukan hanya itu saja, di kegiatan ke tiga Uhamka adakan Kalam Subuh, kegiatan ini telah terlasana satu tahun hingga saat ini. Kegiatan ini terlaksana setipak bada subuh selama tiga hari di setiap pekannya yaitu hari Jumat membahas terkait Tafsir, Sabtu membahas terkait Hadist, dan hari Ahad membahas terkait materi yang bersifat tematik (pendidikan, sosial, budaya, bahkan sejarah, dan lain sebagainya). Kegiatan inipula terus berlanjut di bulan Ramadan.

 

Dr. Bunyamin menuturkan dalam kegiatan ke empat di Uhamka bahwa, “Uhamka bekerjasama dengan Radio ELSHINTA  dalam kegiatan Dialog Interaktif selama bulan Ramadan pada pukul 03.00WIB-04.00 WIB yang akan di isi oleh dosen Uhamka secara bergiliran dan pastinya akan disiarkan oleh ELSHINTA,” ujarnya.

 

Bukan hanya itu saja, Uhamka meriahkan bulan Ramadan dengan kabar yang begitu baik untuk dosen dan karyawan. Pasalnya, Uhamka akan berangkatkan Dosen dan Karyawan Uhamka sebanyak 4 orang untuk beribadah haji dan hal ini sudah berlangsung di setiap tahunnya yang kemudian hal ini akan diinformasikan di pengajian akhir Ramadan prihal nama dosen dan karyawan yang diberangkatkan ibadah Haji secara gratis oleh Uhamka

 

Kegiatan-kegiatan lainnya yaitu kultum melalui media sosial, bahkan kegiatan lainnya yang diakan oleh tiap Fakultas dan kemahasiswaan ditambah dengan kegiatan keagamaan di masjid Darul Ulum hingga pada kegiatan Salat Idul Fitri yang berlokasi di FKIP UHAMKA sembari.

 

Di penghujung Ramadan, Uhamka adakan kegiatan pengajian akhir Ramadan yang akan dilaksanakan di 26 Ramadan 1442 H atau 6 Mei 2021 M. dengan mengumumkan 4 orang dari dosen dan karyawan yang akan diberangkatkan ke tanah suci untuk menunaikan Ibadah Haji secara gratis dari Uhamka dan yang teakhir Uhamka adakan pengumpulan Zakat Fitrah, Zakat maal, Shadaqah maupun infaq melalui Lazismu Uhamka yang nantinya akan didistrubusikan oleh Lazismu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Meriahkan Bulan Suci Ramadan dengan Berbagai Kegiatan Hingga Berangkatkan Dosen dan Karyawannya Beribadah Haji

Trending Now

Iklan

iklan