Dosen FAI Uhamka Tetap Produktif dalam Situasi Pandemi

Minggu, 11 April 2021 | 21:33 WIB Last Updated 2021-04-13T05:51:25Z


Kabarpendidikan.id
Kondisi pandemi saat ini memiliki dampak yang signifikan baik dari segi ekonomi, sosial, dan budaya seperti terjadinya pembatasan interaksi antara individu dan individu lainnya, sehingga perkumpulan yang melibatkan banyak orang harus dibatasi demi mencegah penularan wabah yang semakin meluas. Meskipun demikian, kondisi tersebut tidak menjadi penghalang niat dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UHAMKA untuk tetap semangat dalam meningkatkan produktivitasnya melalui suatu kegiatan pengabdian masyarakat  yang didukung oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UHAMKA mulai dari kegiatan yang berbentuk pelatihan secara webinar serta pembagian sembako kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi.


Pelatihan yang dilakukan yaitu pelatihan akuntansi oleh Fatma Yeni yang bertanggung jawab sebagai ketua dan Rahmat Dahlan sebagai anggota yang merupakan dosen tetap Fakultas Agama Islam UHAMKA. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Tanggal 21 dan 25 April 2020 yang dilaksanakan secara daring melalui kerja sama dengan KSEI (kelompok Studi Ekonomi Islam). Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu sebanyak 80 orang. 


Kegiatan selanjutnya yaitu pembagian sembako kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi yang di diketuai oleh Anang Rohwiyono dan Fatma Yeni sebagai Anggota. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 dan 10 Mei 2020, bertepatan pada bulan Ramadhan tahun lalu. Sembako yang dibagikan berupa beras, sarden, telur, rendang, minyak goreng dan mie instan. Adapun mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu Masjid Fatimah At-Tuwaijiry Bekasi. Harapannya, kegiatan yang dilakukan dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi yang berdampak pada kondisi ekonomi sehingga kemampuan memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi sulit. 


Dilain hal, kegiatan webinar berupa praktek pembuatan laporan keuangan Masjid dengan menggunakan Aplikasi Akuntansi Masjid. Adapun Mitra dari kegiatan webinar ini yaitu masjid Fatimah At-Tuwaijiry Bekasi yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2021 secara daring. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebaanyak 35 orang. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu membantu Bendahara Masjid dalam mengelola keuangan yang dihimpun secara baik dan sesuai dengan panduan yang terdapat dalam PSAK No. 45.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FAI Uhamka Tetap Produktif dalam Situasi Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan