Dosen FAI Uhamka Melatih Masyarakat Karangharja dalam Memanajemen Keuangan di Masa Pandemi

Minggu, 11 April 2021 | 12:26 WIB Last Updated 2021-04-11T05:26:03Z


Kabarpendidikan.id
Dalam rangka menyikapi dampak Pandemi Covid -19 pada sektor ekonomi yang tidak sedikit orang terkena dampaknya diantaranya yaitu pemotongan gaji bahkan di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Menyikapi hal tersebut, tim PKM Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam UHAMKA, yang didukung oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA melakukan pelatihan manajemen keuangan keluarga berbasis  syariah kepada ibu-ibu Rumah tangga warga RT 016/011 Kelurahan Karangharja, Kecamatan Cikarang Utara. Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh Mitra Sami Gultom, MEI, M.Pd dan anggota Fatma Yeni, MSi, berkolaborasi dengan tiga orang mahasiswa yaitu Utari Ari Syahrini, Ima Nur Halimah, dan Renne Annuary. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting  pada hari Kamis. 25 Februari 2021 yang diikuti oleh 15 peserta.


Pemaparan materi disampaikan oleh Ketua pelaksana. Dia ingin berbagi pengalaman dan sharing ilmu dalam hal pengelolaan keuangan dengan metode sederhana kepada ibu – ibu. Sebagaimana kita tahu, pandemi covid ini memberikan dampak luar biasa pada perekonomian negara dan berimbas kepada keuangan rumah tangga. 


Permasalahan muncul banyaknya penghasilan pada rumah tangga yang diperoleh mengalami kekukurangan. Untuk mengatasi permasalahan yang timbul dibutuhkan ketrampilan dalam mengelola keuangan dalam rumah tangga, terutama bagi ibu-ibu yang tentunya memegang peran penting dalam pengelolaan keuangan. Ketidaktahuan dalam pengelolaan keuangan ini bisa berakibat buruk, oleh karena itu perlu pengetahuan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga dengan metode sederhana, yaitu penganggaran, perencanaan keuangan dan pencatatan keuangan.


Kegiatan selanjutnya adalah pelatihan pencatatan keuangan keluarga secara langsung. Pada sesi ini, peserta terlihat begitu antusias dalam mengikuti tahapan demi tahapan bagaimana cara pencatatan keuangan keluarga. Kemudian dibuka sesi tanya jawab sekaligus sharing, diskusi dan berbagi pengalaman.           

         

Kemudian acara dilanjutkan dengan penutupan. Tak lupa di akhir acara peserta menyampaikan pesan, kesan dan terima kasih kepada pihak pelaksana kegiatan bahwa adanya pelatihan ini menambah wawasan dan keterampilan peserta dalam mengelola keuangan keluarga dimasa pandemi covid-19.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FAI Uhamka Melatih Masyarakat Karangharja dalam Memanajemen Keuangan di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan