Tips Sukses Belajar Daring Dimasa Pandemi

Jumat, 23 April 2021 | 14:04 WIB Last Updated 2021-04-23T07:04:00Z

 


(Choirina Rahmawati 
/ MahasiswaPerpajakan FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa dan mahasiswa membatasi kegiatannya. Termasuk dalam kegiatan belajar seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan adanya perubahan ini, perlu dilakukan banyak penyesuaian terhadap pembelajaran secara daring ini.

Belajar secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri. Karena dianggap lebih bebas dan fleksibel, peserta didik justru dituntut agar memiliki komitmen untuk  melakukan pembelajaran secara mandiri dirumah. Pembelajaran secara daring memiliki tantangan dalam pengawasan agar peserta didik terus melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan waktu belajar tatap muka. Selain itu, tentunya perangkat teknologi seperti smartphone atau laptop harus tersedia jaringan internet.

Lalu, bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring ini bisa dilakukan secara efektif? Ini dia beberapa tipsnya:

1.      Mengatur waktu dengan baik

Biasakan fokus dan mengerjakan tugas diawal waktu. Komitmen pengerjaan tugas tentunya akan lebih mudah dilakukan jika pihak sekolah atau perguruan tinggi menentapkan batas waktu pengerjaan tugas kepada peserta didik.

2.      Carilah tempat yang nyaman

Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus. Kalian bisa mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar.

3.      Siapkan perangkat yang dibutuhkan

Persiapkan perangkat yang dibutuhkan, baik itu smartphone, laptop, komputer maupun saklar listrik untuk mengisi daya perangkat. Pastikan perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan internet agar bisa mengakses pembelajaran daring dengan baik tanpa adanya kendala.

4.      Menjalin komunikasi yang baik dengan pengajar dan teman belajar

Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, bukan berarti bisa bebas bersantai untuk menunda tugas yang diberikan. Harus tetap menjaga komunikasi dengan pengajar dan teman belajar agar tidak ada kendala selama proses pembelajaran secara daring berlangsung.

5.      Menjaga kebersihan

Dalam keadaan pandemi seperti ini, menjaga kebersihan merupakan salah satu hal yang penting. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan tidak lupa membersihkan perangkat belajar yang digunakan secara berkala.

Beberapa paparan tips diatas, bisa dilakukan untuk kita semua yang sedang mengalami pembelajaran secara daring. Tentunya agar kita bisa menyesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi saat ini. Tetap jaga kesehatan, kebersihan, dan mematuhi protokol kesehatan apabila ingin keluar rumah. stay safe everyone!

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips Sukses Belajar Daring Dimasa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan