Sistem Pendidikan Di Indonesia Menurun Pada Saat Pandemi

Kamis, 15 April 2021 | 10:38 WIB Last Updated 2021-04-15T03:38:22Z


(Fauziah Hamzani Putri/mahasiswa D3 Akuntansi FEB UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Pendidikan mulai menurun pada saat pandemi sejak tahun 2020 silam. Semua pendidikan yang ada di Indonesia mengalami perubahan yang awalnya tatap muka kini menjadi sistem pembelajaran online atau disebut daring,masyarakat mau tidak mau harus mengikuti aturan Mendikbud dan pemerintah semua anak di Indonesia sampai sekarang harus belajar online   pandemi ini memberikan dampak yang cukup besar bagi masyarakat maupun ekonominya ikut melemah, banyak para siswa dan mahasiswa mengeluh kerepotan karena kekurangan kuota dan biaya untuk mengakses pelajaran di internet.

 

Mendikbud membuat sistem daring dengan tujuan mengutamakan kesehatan dan keselamatan bagi siswa dan mahasiswa maupun keluarga dan masyarakat, namun banyak orang tua yang mengeluh karena ekonomi mereka yang sulit dan melemah disaat pandemi seperti ini banyak sekali para orang tua dan masyarakat yang terkena PHK.

 

Pembelajaran daring terkadang banyak siswa dan mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan, pembelajaran daring juga memiliki dampak negatif seperti menyebabkan mata menjadi sakit dan perih karena terlalu lama melihat layar handphone maupun laptop, apalagi kalau sedang ada tugas jaringan koneksi buruk yang menyebabkan kurang masuknya pelajaran di otak dan kurangnya komunikasi antara guru dan murid, berkurangnya sosialisasi antar teman. Bagi mahasiswa swasta maupun negeri mungkin mereka merasa cukup tidak adil karena adanya UKT gedung karena mereka sama sekali tidak memakai fasilitas tersebut mungkin sebagian kampus sudah ada yang melakukan potongan biaya untuk meringankan beban ekonomi mereka dan ada juga kampus yang belum bisa melakukan pemotongan setidaknya berilah mereka potongan biaya bagi mereka yang kurang mampu , karena mereka sama sama mencari dan menuntut ilmu.

 

Sampai sekarang pemerintah belum bisa memberikan solusi agar sekolah dan kampus bisa melakukan tatap muka dan bisa bersosialisasi lagi? sekarang tugas kita hanya bisa mencegahnya pandemi ini , dengan cara selalu rajin mencuci tangan , memakai masker, dan berdoa agar pandemi ini cepat berlalu.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sistem Pendidikan Di Indonesia Menurun Pada Saat Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan