Profesi Akuntan di Masa Pandemi Covid - 19

Sabtu, 03 April 2021 | 11:14 WIB Last Updated 2021-04-03T04:14:00Z


(
Nur Aisyah Luthfiati / Mahasiswa FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Perubahan ekonomi secara dramatis sejak wabah Covid - 19 menyebar. Pandemi global Covid - 19 dan penyempitan kegiatan ekonomi yang terjadi saat ini membuat ekonomi tidak bergerak. Dampak yang terjadi di Indonesia karena pandemi Covid - 19 ini hampir di semua sektor, mulai dari ketenagakerjaan sampai dengan kinerja industri segala sektor di dalam negeri.


Sudah banyak yang mengalami krisis ekonomi di masa pandemi Covid – 19 ini. Tidak hanya negara saja yang mengalami krisis ekonomi ini, tetapi profesi ataupun populasi tentu saja dan juga berdampak ke semua negara di seluruh penjuru dunia. Profesi yang mengalami krisis ekonomi salah satunya akuntan dan pajak.


Para akuntan mulai menyadari adanya krisis yang harus diwaspadai ketika tiga hal ini terjadi. Pertama, penundaan pengajuan pengembalian dan batas waktu pembayaran pajak. Kedua, adanya kebijakan meliburkan kegiatan operasional sekolah dan kegiatan usaha tertentu. Ketiga, permintaan klien untuk menjadwal ulang atau menunda kesepakatan atau pertemuan yang sudah disepakati.


Akuntan memiliki peran kunci dalam perekonomian global, yakni untuk menyediakan informasi keuangan melalui pengolahan data-data aktivitas bisnis menjadi informasi strategis manajeril dan keuangan. Profesi akuntan perlu mencermati perkembangan kondisi bisnis yang sangat dinamis saat kondisi pandemi ini untuk dapat beradaptasi dengan baik.


Seorang akuntan harus meningkatkan skill, kompetensi, serta sifat dasar yaitu perilaku etis. Skill yang dibutuhkan saat ini adalah : 1. Technical and ethical competencies, 2. Kecerdasan, 3. Kreativitas, 4. Kecerdasan digital, 5. Kecerdasan emosional, 6. Visi, 7. Pengalaman. Selain itu juga, harus berkolaborasi dengan bidang ilmu selain akuntansi. Akuntan dituntut untuk berdamai dengan teknologi karena menjadi kebutuhan utama bagi akuntan dalam menjalankan pekerjaannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Profesi Akuntan di Masa Pandemi Covid - 19

Trending Now

Iklan

iklan