Perpustakaan Berjalan Menjadi Wadah Untuk Gemar Membaca

Sabtu, 10 April 2021 | 08:50 WIB Last Updated 2021-04-10T01:50:00Z


(Deby Irma Regina Rengganis/Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Seperti yang kita ketahui bahwa membaca sangat penting untuk menambah wawasan kita tak hanya itu dengan membaca kita juga dapat menambah daya ingat, meningkatkan kemampuan dalam konsentrasi dan juga menurunkan resiko depresi. Kegemaran membaca sangat diperlukan untuk generasi  milenial yang umumnya sudah kecanduan gawai, mereka bisa menghabiskan waktu seharian penuh hanya untuk bermain sosial media.

 

Dari data World Reading Habits, Indonesia menduduki peringkat ke 16 sebagai negara gemar membaca, Indonesia lebih unggul dari Amerika, Jerman, dan Kanada. Di era yang serba canggih ini kebanyakan pelajar dan mahasiswa membaca buku berbasis E-book yang dimana sangat mudah diakses dimanapun dan kapanpun, namun dengan adanya perpustakaan jalanan atau yang biasa mereka sebut adalah Ranting Baca yang didirikan oleh para milenial di Kota Bekasi pada tahun 2020 menjadikan anak-anak menjadi gemar membaca, tak hanya membaca mereka juga menyediakan berbagai alat-alat mewarnai dan menggambar. Mereka mengajak adik-adik untuk mulai mencintai buku sejak dini.

 

Dengan adanya perpustakaan berjalan ini banyak anak-anak yang merasa senang karena dapat menggambar, mewarnai, dan membaca dengan teman-teman barunya secara gratis, mereka juga termotivasi untuk terus membaca buku yang disediakan dalam perpustakaan berjalan tersebut.   Mereka kerap membuka lapak diarea yang mudah dijangkau seperti Taman Bantargebang dan Stadion Mini Ciketing Udik. Mereka juga sangat membuka uluran dari pihak-pihak yang berkenan menyumbangkan buku.Perpustakaan berjalan dapat menjadi suatu opsi untuk mengajak masyarakat atau pelajar untuk gemar membaca dengan suasana yang lebih santai. Mari tingkatkan Gerakan literasi untuk bersama-sama membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perpustakaan Berjalan Menjadi Wadah Untuk Gemar Membaca

Trending Now

Iklan

iklan