Dampak Cyber Bullying Pada Mental Seseorang

Sabtu, 10 April 2021 | 11:56 WIB Last Updated 2021-04-10T04:56:00Z


(Dian Anggi Pratiwi / Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA )

Kabarpendidikan.id Perkembangan teknologi informasi kini sudah canggih, sosial media sudah tersebar luas dan dapat diakses oleh siapapun. Istilah ‘mulutmu harimaumu’ kini telah berubah menjadi ‘jarimu harimaumu’. Ketika seseorang memposting sesuatu, dan orang lain berkomentar, terkadang komentar yang mereka tulis dapat berupa kata-kata hinaan, ujaran kebencian, kalimat vulgar ataupun hal lain yang dapat merugikan orang memposting tersebut. Jika dulu bullying berupa verba ataupun tindakan, kini dengan melalui ketikan juga dapat menjadi bullying atau biasa disebut cyberbullying.

 

Cyberbullying adalah bentuk bullying dalam teknologi digital. Sebenarnya cyberbullying tidak hanya dalam sosial media, namun dalam flatform lain seperti game, chatting ataupun media digital lainnya. Bentuk kejahatan bermula pada tindakan menghina, ataupun merendahkan seseorang dengan ketikan jari mereka. Tujuannya agar seseorang merasa bahwa dia tidak pantas memposting hal itu, selalu merasa bersalah dan berakhir pada gangguan psikis.

 

Dampak cyberbullying ini juga sama halnya dengan dampak bullying biasanya, seperti :

1. Depresi

Korban cyberbullying akan merasa sedih, sakit, tersiksa dan putus asa. Ketika seseorang menggunakan jari mereka untuk memberikan kata-kata hinaan secara terus menerus, korban akan merasa depresi hingga mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

2. Kesehatan fisik hingga psikis

Korban cyberbullying akan lebih mudah terserang kesehatan psikis, seperti depresi, stress dan kehinlangan percaya diri. Mereka pasti akan memikirkan hal tersebut dan membuat fisiknya tak terurus.

3. Dikucilkan lingkungan

Cyberbullying memang tindakan melalui internet, namun dampaknya nyata. Mereka bisa melihat secara langsung komentar jahat yang ada dalam sosial media milik korban. Dan, dalam dunia nyata mereka dapat menjauhimu karena komentar tersebut. Akhirnya korban bukan hanya mengalami cyberbullying namun juga mengalami bullying secara langsung.

 

Dampak dari cyberbullying sangat berbahaya, seseorang akan mengalami depresi bahkan sampai bunuh diri hanya karena ketikan hinaan seseorang. Cyberbullying sama berbahayanya dengan bullying biasa karena dampak yang dialami juga nyata. Mulai sekarang, kita harus pandai dan dapat memilah komentar apa yang akan kita berikan di sosial media, apakah itu merugikan seseorang atau tidak. Karena kesehatan psikis adalah hal yang penting untuk seseorang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Cyber Bullying Pada Mental Seseorang

Trending Now

Iklan

iklan