Peran Pendidikan Bagi Anak di Dalam Lingkungan Keluarga

Sabtu, 03 April 2021 | 14:39 WIB Last Updated 2021-04-03T07:39:00Z


(Anisa Putri Hidayah/Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Perlu kita ketahui, pada dasarnya lingkungan pendidikan pada keluarga menjadi lingkungan pendidikan yang pertama bagi anak-anak, karena pada lingkungan inilah setiap anak-anak bisa mendapat bimbingan untuk pertama kalinya bagi diri mereka sendiri, karena pada dasarnya untuk pertama kali kehidupan anak-anak yang mengacu terhadap lingkungan keluarga, dan maka oleh sebab itu pendidikan yang banyak diterima oleh anak-anak ialah pendidikan dalam keluarga.

 

Adapun tugas utama dari pendidikan dalam lingkungan keluarga adalah membentuk akhlak pada anak, membentuk karakter pada anak itu sendiri, maupun mengajarkan anak-anak perihal pandangan hidup mengenai keagamaan, juga tabiat dan sifat anak-anak dapat di bentuk oleh lingkungan yang berada pada keluarga, dan sebab demikian orang tua di sini sangat berperan penting terhadap pertumbuh kembangan anak dan pendidikan anak di dalam lingkungan keluarga.

 

Para orang tua juga harus benar-benar bisa membimbing anak-anak ke arah yang baik sebagaimana mestinya, dan orang tua harus bisa mencontohkan perilaku baik, sikap yang baik agar anak anak dapat meneladaninya berdasarkan apa yang mereka lihat dari orang tua mereka.


Sungguh, peranan orang tua dalam pendidikan di tengah-tengah keluarga itu amatlah penting, karna pendidikan dalam lingkungan keluarga adalah yang akan membantu mereka juga dalam meng-improvisasi agar membantu pertumbuh kembangan anak-anak. Oleh karna itu sebisa mungkin para orang tua bersikap yang baik agar anak-anak dapat untuk mencontoh perilaku baik yang di terapkan oleh para orang tua, baik atau buruk perilaku anak-anak terhadap sekitar tergantung bagaimana pendidikan yang mereka dapat dan yang diterapkan orang tua terhadap anak-anak pada lingkungan keluarga, karna itu bisa melekat pada diri mereka. Sungguh, luar biasa penting peran pendidikan bagi anak-anak di dalam lingkungan keluarga.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Pendidikan Bagi Anak di Dalam Lingkungan Keluarga

Trending Now

Iklan

iklan