Nilai atau Kejujuran, Mana yang Seharusnya di Utamakan dalam Pendidikan?

Sabtu, 03 April 2021 | 15:43 WIB Last Updated 2021-04-03T08:43:00Z


(Salsabilah Budiman / Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Nilai? Atau kejujuran yang harus dijunjung tinggi dalam pendidikan? Banyak yang beranggapan bahwa nilai lebih penting dari segi manapun. Entah guru, orang tua murid, bahkan murid nya pun beranggapan demikian. Lalu, kejujuran? Selalu disepelekan hanya demi niai yang bagus.

 

Demi mendapatkan nilai yang bagus, seorang murid bisa saja berpikir untuk melakukan apa saja. Bahkan, jika harus melakukan kebohongan ataupun kecurangan. Maka dari itu, kegiatan contek-mencontek dikala sedang ujian juga menyalin tugas teman dikala dikasih tugas individu tidaklah asing dalam lingkup sekolah.

 

Mengapa demikian? Karena  pendidikan zaman sekarang kebanyakan dari sekolah maupun kampus yang menuntut nilai lah yang harus bagus, tertinggi serta terdepan agar bisa menaikkan akreditasi dari sekolah tersebut. Tetapi tidak menuntut melakukan hal yang baik dan jujur demi mendapat nilai yang bagus. Namun, tidakkah pernah kita berpikir dengan mendapatkan nilai yang bagus namun menggunakan cara yang salah membuat diri sendiri tidak maju dalam hal pembelajaran?

 

Dengan kata lain sebagai siswa mereka tidaklah melakukan kejujuran demi mendapatkan nilai yang bagus. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh pihak sekolah demi menanamkan perilaku jujur kepada murid-muridnya? Jika siswa lebih dituntut untuk bersikap jujur dibanding mendapatkan nilai bagus, maka siswa akan lebih bekerja keras dalam mengembangkan dirinya. Sebagai pengajar dan pendidik, para guru juga dapat lebih melihat potensi yang dimiliki oleh para siswa.

 

Kejujuran sangatah penting dalam kehidupan manusia. Apabila Ia sudah tidak jujur sekali, Ia akan melakukan lagi, lagi, dan lagi. Sama hal nya dengan mencontek dan menyalin tugas. Memang kita akan mendapatkan nilai yang memuaskan bagi kita juga sekolah, namun bila kita mendapatkannya dengan cara tidak jujur, apa bisa kita bangga akan hal itu?

 

Sebagai murid di sekolah maupun di perguruan tinggi, seharusnya kita menanamkan ke diri sendiri bahwa mendapatkan nilai yang bagus dengan kejujuran, kerja keras, dan jerih payah sendiri akan memberi kepuasan yang berlebih daripada melakukannya dengan mencontek atau menyalin. Agar kejujuran juga nilai yang diperoleh seimbang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nilai atau Kejujuran, Mana yang Seharusnya di Utamakan dalam Pendidikan?

Trending Now

Iklan

iklan