Pendidikan Karakter di Sekolah

Kamis, 08 April 2021 | 12:24 WIB Last Updated 2021-04-08T05:24:42Z


(Amelia Desriani / Mahasiswa D3 Akuntansi FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan di Indonesia. Perlu kita diketahui, karakter merupakan fondasi yang kokoh dimana seluruh kehidupan seseorang didasarkan ,baik pada sistem pendidikan, kehidupan sosial,dan sebaginya. Karakter seseorang tidak dapat dibentuk hanya dengan penjelasan dan teori, pembentukan karakter harus diiringi dengan kebiasaan.


Pendidikan karkater merupakan pendidikan yang diberikan untuk menyiapkan keterampilan siswa guna menghadapi kenyataan-kenyataan di dalam kehidupan nyata sehari-hari . Misalnya seperti bagaimana pembawaan diri dalam bergaul, bagaimana harus berbicara yang santun, bagaimana harus bertoleransi kepada orang,dan bagaimana menyikapi tentang sesuatu hal .  Pendidikan karakter juga memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan motivasi siswa untuk meraih prestasi.


Keluarga terutama orang tua merupakan sosok yang paling kuat dalam pembentukan karakter anak-anak mereka . Dalam artian orang tua memiliki keterlibatan jika anak-anak mereka memperoleh karakter yang baik atau karakter yang buruk. Dengan demikian guru perlu bekerja sama dengan orang tua siswa karna pendidikan disekolah dan dirumah itu harus sinkron satu dengan yang lainnya.


Membentuk karakter anak bukanlah hal yang mudah,dan upaya dalam pembentukan karakter tidak hanya dilakukan dengan pemberian peringatan yang lembut,karena terkadang beberapa anak didik harus diberi peringatan dengan keras yang memiliki efek jerah atas kesalahan yang mereka lakukan 


Pendidikan karakter merupakan kunci membangun bangsa. Oleh karena itu orang tua dan guru dapat saling pengertian untuk membina pendidikan karakter. Karna mustahil memperoleh pendidikan karakter yang baik jika hanya orang tua atau hanya guru yang memiliki peran aktif.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan Karakter di Sekolah

Trending Now

Iklan

iklan