Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berlatih Yoga

Senin, 19 April 2021 | 08:43 WIB Last Updated 2021-04-21T11:44:12Z

(Hana Rahmah Kamila / Mahasiswi Ekonomi Islam FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Sudah lebih dari satu tahun sistem pendidikan di Indonesia menggunakan sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh), yaitu melalui media daring atau online.  Selama pembelajaran dari rumah pasti banyak orang tua yang kesulitan untuk mengatur strategi mengajar dan mendidik anaknya. Orang tua harus pandai dalam memahami bagaimana gaya belajar anak serta menyiapkan lingkungan belajar yang nyaman agar anak bisa fokus selama jam sekolah maupun perkuliahan.

 

Salah satu cara agar kita tetap nyaman dan sehat selama di rumah adalah dengan berlatih yoga.  Yoga berasal dari bahasa sanskerta berarti “penyatuan”, atau yang bermakna penyatuan dengan alam. Menurut Alodokter, Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatkan kesehatan mental dan fisik manusia.  Walaupun terlihat mudah tetapi banyak sekali manfaat dari olahraga ini.

 

Manfaat yoga bagi kesehatan fisik diantaranya yaitu, membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh, mengurangi risiko akibat penyakit kronis, meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh, serta dapat menurunkan berat badan. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tetapi yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, seperti meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik serta membantu mengelola gejala kecemasan, stress, dan depresi. Dengan berbagai manfaat dari yoga tersebut maka kita bisa melakukannya di rumah selama masa pandemi Covid-19 ini. Lalu kenapa yoga? Karena yoga dapat dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja, jadi untuk anak-anak hingga dewasa bisa melakukan olahraga ini.

 

Yoga pada anak-anak juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa pandemi covid-19 ini. WHO (World Health Organization) menyatakan meski tidak terlalu terdampak covid-19 dan gejala sakit yang dialami oleh anak-anak tergolong ringan, tetapi anak-anak tetap perlu mendapatkan proteksi agar terhindar dari penyakit lain akibat virus corona. Maka dari itu salah satu cara orang tua untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan melakukan yoga bersama anak.

 

Ada beberapa jenis gerakan yoga, dari yang mudah sampai yang tingkat nya sulit. Gerakan yang cocok bagi pemula dan bisa bagi anak-anak adalah yoga hatha yaitu, gerakan yang lambat dan halus, serta memiliki fokus pada bagaimana caranya anda mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini. Menurut yogi (sebutan untuk praktisi yoga) hatha yoga merupakan cara yang paling bagus untuk  merengangkan, bekerja pada otot sangat maksimal, serta dapat berhubungan langsung dengan tubuh yang membuat kita lebh rileks dan mampu mengurangi stress. Maka dengan itu anak-anak maupun mahasiswa yang sedang melakukan pembelajaran melalui daring bisa mempraktekkannya  di rumah.

         

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Berlatih Yoga

Trending Now

Iklan

iklan