Kurangnya Pendidikan di Desa Cijambe Bogor

Jumat, 02 April 2021 | 11:00 WIB Last Updated 2021-04-02T04:00:00Z


(Fransiska Aprianti/Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dalam pelaksanaan pembelajaran di Indonesia dirasa belum menyeluruh dengan terkendala pada wilayah 3T yaitu wilayah atau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar. Maka disini saya ingin berbagi pengalaman saya dan teman teman BEM FKIP UHAMKA dengan kegiatan Bakti Sosial yang kami lakukan di desa Cijambe, Bogor pada satu tahun yang lalu.

 

Desa Cijambe adalah desa yang terletak di pelosok dan memiliki banyak kekurangan seperti, sarana dan prasarana sekolah serta pendidikannya. Penduduk disana termasuk sedikit dan lebih banyak anak-anak. Selain itu, desa Cijambe terkenal dengan desa yang tidak memiliki sinyal atau jaringan internet karena tempatnya memang sangat terpelosok. Tujuan  dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk membantu para guru disana yang masih kekurangan tenaga pendidik dan pendidikannya. Tingkat pendidikan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Madrasah Tsanawiyah (MTS).

 

Anak-anak yang sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Mereka sangat tertarik mempelajari hal baru yang diajarkan oleh beberapa Mahasiswa FKIP UHAMKA. Ada banyak hal yang mereka pelajari, diantaranya; belajar sambil bermain, bernyanyi, dan mengadakan pentas seni untuk para siswa dari PAUD sampai tingkat yang lebih tinggi. Dengan antusiasnya mereka dalam belajar berbanding terbalik dengan jumlah tenaga pendidik yang masih sedikit.

 

Dengan kegiatan inilah bisa berbagi suka duka yang mereka rasakan dan menyadari betapa pentingnya pendidikan dimasa modern ini. Para orang tua mereka sangat senang melihat anak anaknya dapat kembali semangat untuk sekolah. Harapan saya untuk pemerintah agar memberikan perhatian khusus untuk melihat kondisi pendidikan yang terjadi di desa Cijambe terlebih menambahkan tenaga pendidik agar bisa membantu mewujudkan harapan atau cita cita mereka menjadi kenyataan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kurangnya Pendidikan di Desa Cijambe Bogor

Trending Now

Iklan

iklan