Keresahan Pendidikan Di Daerah

Jumat, 02 April 2021 | 15:39 WIB Last Updated 2021-04-02T08:39:00Z


(Annisa Sahrani / Mahasiswa D3 Akuntansi FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Pendidikan adalah hal yang penting dan sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat di dalam kehidupan. Pendidikan juga merupakan salah satu pondasi dalam kemajuan beridirinya suatu bangsa. Dimulai dari jenjang PAUD sampai dengan SMA,Tetapi tidak semua pendidikan itu dapat ditempuh oleh masyarakat. Banyaknya masyarakat yang ingin menempuh pendidikan dikarenakan keterbatasan biaya,terlebih lagi adanya banyaknya perbedaan dimulai dari gedungnya,sarana dan prasana serta kualitas antara pendidikan di kota dengan di daerah.

 

Seperti yang sudah kita ketahui untuk dapat menempuh pendidikan di daerah,beberapa masyarakat beranggapan bahwa haruslah mempunyai finansial yang cukup untuk bisa bersekolah,karena apa??karena jika kita bersekolah di daerah semuanya tidak gratis seutuhnya,melainkan ada beberapa ketentuan yang harus kita bayar,bahkan di negeri sekalipun tetap ada seperti uang bangunan,buku. Padahal di sekolah perkotaan khususnya DKI Jakarta itu gratis sepenuhnya tanpa ada pungutan apapun.

 

Mengapa perbedaan ini terjadi?apakah dikarenakan salah satu faktor yakni berdasarkan APBD di setiap daerah masih kurang optimal dalam memberikan anggaran untuk pendidikan?atau faktor lainnya. Dengan demikian dari permasalahan tersebut munculah kesenjangan pendidikan yang terjadi di daerah dengan di kota diantaranya rendahnya minat belajar masyarakat,fasilitas yang kurang memadai serta hal lainnya.

 

Maka dari itu pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia perlu meninjau kembali terkait perbedaan pendidikan khususnya di daerah,bisa dengan mengeluarkan Program Sarjana Mendidik di Daerah atau hal lainnya.Semoga terdapat titik terang mengenai masalah ini agar kita semua masyarakat Indonesia bisa mengenyam pendidikan yang baik. Dan tugas kita sebagai seorang pelajar hendaklah mendukung setiap program pendidikan agar pendidikan di Indonesia bisa lebih maju.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keresahan Pendidikan Di Daerah

Trending Now

Iklan

iklan