Pengaruh Krisis Ekonomi Terhadap Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Sabtu, 03 April 2021 | 08:06 WIB Last Updated 2021-04-03T01:06:00Z


(Amanda Fitria Maharani/Mahasiswa D3 Akuntansi FEB UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Seperti yang sudah kita ketahui pandemi Covid-19 sangatlah berdampak besar bagi kehidupan manusia. Selain menimbulkan masalah kesehatan, pandemi Covid-19 juga berdampak serius pada perekonomian dan pendidikan di Indonesia. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia juga memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengeluarkan kebijakan untuk masyarakat melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari  rumah, oleh karena itu pembelajaran daring dipilih sebagai solusi model pembelajaran yang dilakukan di masa pandemi Covid-19. Lalu apa pengaruhnya krisis ekonomi terhadap pendidikan Indonesia?

 

Dengan dipilihnya pembelajaran daring sebagai model pembelajaran di masa pandemi Covid-19 mengharuskan para guru dan siswa mempunyai akses teknologi yang memadai, hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri terutama bagi para murid. Murid dituntut untuk mempunyai akses internet yang cukup demi mengakses pembalajaran yang sedang mereka pelajari, tak ayal banyak orang tua yang mengeluh dan merasa terbebani dengan model pembelajaran daring. Dimasa krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadikan banyak keluarga terbebani terutama keluarga para murid. Tak ayal banyak murid yang keluar sekolah karena terbebani masalah ekonomi. Hal itu seharusnya juga menjadi fokus pemerintah kepada sekolah agar menurunkan biaya sekolah akibat pandemi Covid-19.

 

Mengembalikan keadaan perekonomian yang melanda akibat pandemi Covid-19 tidaklah mudah, pemerintah terutama Kementrian Pendidikan harus berfikir ekstra demi memberikan para murid kemudahan dalam pembelajaran daring. Contohnya dengan memberikan kouta gratis kepada para murid dimasa pandemi Covid-19.

 

Demi mengembalikan krisis ekonomi yang melanda, masyarakat memang di tuntut untuk berfikir kreatif dan inovatif. Banyak masyarakat yang mulai bangkit dengan membuka usaha-usaha di masa pandemi Covid-19, contoh saja banyak para penjahit yang mulai memanfaatkan keadaan dengan berjualan masker kain. Hal ini tentu saja sangat efektif, karena dimasa pandemi memang mengharuskan setiap masyarakat memakai masker demi menghindari virus Covid-19.

 

Lalu kapan pandemi Covid-19 berakhir? Hal itu tentu saja tidak ada yang tahu, kita sebagai masyarakat terutama para orangtua murid harus terus berusaha dan pantang menyerah demi menemani murid belajar dari rumah karena dukungan orangtua sangatlah penting dalam pembelajaran daring. Sebagai masyarakat juga kita hanya bisa berharap pandemi Covid-19 cepat berakhir dan perekonomian Indonesia membaik.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengaruh Krisis Ekonomi Terhadap Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan