Dosen FiKes UHAMKA Selenggarakan Kegiatan Penanganan Kesehatan Mental Remaja di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 15 April 2021 | 09:59 WIB Last Updated 2021-04-15T02:59:49Z


Kabarpendidikan.id
Dosen program studi kesehatan masyarakat,  Fakultas ilmu-ilmu Kesehatan UHAMKA yang terdiri dari Retno Mardhiati, S.K.M., M.Kes serta Rina Khairunnisa Fadli, S.K.M., M.Kes adakan kegiatan Konseling dan Latihan Pernapasan untuk Mental Remaja.

 

Kegiatan yang bertemakan Konseling dan Latihan Senam Pernafasan sebagai Penanganan Kesehatan Mental Remaja di Masa Pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan adanya kerja sama bersama mitra Rumah Keluarga Sehat Indonesia. Dikarenakan adanya kesamaan bidang kesehatan yang dikelola oleh mitra. Mitra juga memiliki program konseling kesehatan untuk remaja. Akan tetapi, program kesehatan mental remaja belum pernah dilakukan oleh mitra ini. Maka dari itu, hasil kerja sama ini merupakan awal untuk berjalannya program ini.

 

Retno Mardhiati selalu panitia penyelenggara mengatakan "Waktu pembuatan rancangan senam pernafasan sudah dimulai dari bulan Desember 2020 sampai Januari 2021. Akhirnya, kegiatan ini terlaksana pada 14 Februari 2021."

 

Selain itu, alasan dari diadakannya kegiatan ini, tutur Retno adalah untuk meningkatkan kesehatan jiwa remaja dengan adanya intervensi ceramah, konseling dan latihan senam pernafasan.

 

Rina Khairunnisa yang juga merupakan panitia penyelenggara menambahkan "Mengapa terfokus dalam konseling dan sistem pernafasan. Karena konseling menjadi sarana untuk mendapatkan jawaban permasalahan yang dihadapi peserta terutama di masa pandemik Covid-19 ini. Sedangkan untuk senam pernafasan jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan respiratory rate. Metabolisme tubuh akan meningkat, seiring adanya peningkatan respiratory rate, sehingga sel-sel tubuh mendapatkan oksigen yang baik. Hal ini mengurangi produksi hormon kortisol yang berkaitan dengan depresi dan stress. Sebaliknya akan meningkatkan hormon dopamine, yang berkaitan dengan rasa senang dan bahagia."

 

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan diikuti oleh 52 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. Peserta berharap, Kegiatan ini dapat diadakan berkelanjutan dengan membuka layanan secara umum. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FiKes UHAMKA Selenggarakan Kegiatan Penanganan Kesehatan Mental Remaja di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan