Dampak Pendidikan Daring

Minggu, 04 April 2021 | 13:04 WIB Last Updated 2021-04-04T06:04:00Z

(Revina Herdian / Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

 

Kabarpendidikan.id Selama masa pandemi ini berlangsung, semua hal yang berbau pendidikan diseluruh dunia dialihkan menjadi daring atau yang sering kita sebut dengan online. Semua serba online, mulai dari belajar mengajar secara daring, praktek atau ujian sekalipun melalui daring. Melalui daring semuanya serba mudah dan bisa dilakukan dari jarak jauh, namun ini tidak luput dari hal negatif yang terjadi selama proses pendidikan daring. Terdapat banyak dampak - dampak yang terjadi selama pendidikan daring ini. Ada juga dampak positif yang terjadi selama pembelajaran daring berlangsung.

Contoh dari beberapa dampak negatif dalam pendidikan daring yaitu siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas dan memahami materi karena keterbatasan kontak antara siswa dan pengajar. Banyaknya siswa yang tidak memiliki peralatan elektronik yang memadai untuk melakukan pembelajaran secara daring. Menurunnya kesehatan mata karena terlalu lama memegang ponsel/gadget. Kegiatan belajar mengajar yang tidak sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka, banyak pelajar yang keberatan karena pembelajran tidak efektif didapatkan. Banyaknya orang yang dimana tidak melakukan pemanfaatan terhadap waktu daripada pembelajaran online maupun kurang melakukan pemanfaatan dari kegiatan untuk belajar online, sehingga kita akan mendapatkan berbagai macam bentuk waktu daripada belajar online dengan membuka facebook.

Dampak negatif dari pembelajar daring ini terjadi biasanya karena faktor lingkungan yang tidak mendukung atau bisa disebut faktor internal individu itu sendiri. Semisalnya, siswa/i tersebut lebih sering disuruh orang tuanya untuk melakukan pekerjaan rumah disaat kegiatan belajar mengajar daring itu berlangsung. Biasanya, anak akan ketinggalan pelajaran dan tidak mengerti apa yang sedang diterangi gurunya karena terjeda oleh kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan saat bersamaan kegiatan daring berlangsung. Terkadang kejadian seperti ini dianggap hal yang lumrah oleh para orang tua, mereka mengira jika pembelajaran daring di rumah sama seperti libur biasa. Kurangnya kesadaran dan perhatian tersendiri dari para orang tua, yang menganggap pembelajaran daring ini sepele hanya berdiam didepan laptop/ponsel saja.

Tapi, ada juga beberapa hal positif yang terjadi selama pembelajaran daring ini seperti Mendapatkan berbagai macam bentuk materi dengan sangatlah mudah dan juga belajar melakukan pengevaluasin daripada pembelajaran sendiri yang dimanapun kita berada, baik itu dapat dilakukan pada kampus hingga berbagai tempat umum lainnya. Lalu, banyaknya situs belajar online yang dapat di akses. Siswa juga bisa menambah wawasan dalam penggunaan teknologi.

Dibalik dampak buruk pendidikan daring karena faktor keluarga (internal), ada pula orang tua yang berperan penting dan mengatasi pendidikan daring ini dengan baik. Tak sedikit juga orang tua yang ikut andil mengawasi perkembangan anak - anaknya selama mereka belajar di rumah. Tergantung dari kesadaran orang tua masing - masing, ada yang ingin ikut andil dalam mengawasi atau memantau anak - anaknya, ada juga orang tua yang tidak mau berperan dalam mengawasi anaknya seperti yang disebutkan diatas tadi.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Pendidikan Daring

Trending Now

Iklan

iklan