Dampak Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 01 April 2021 | 11:20 WIB Last Updated 2021-04-01T04:20:00Z


(Gendis Suci Ramadanti / Mahasiswa D3 Akuntansi FEB UHAMKA)

Kabarpendidikan.id Diawali tahun 2020 dunia dikejutkan dengan munculnya wabah yang sangat menular dan mematikan yaitu virus corona. Dimulai dari Wuhan,Cina, dengan cepat corona menjadi wabah yang  mengglobal di hampir seluruh negara di dunia. Segala aspek kehidupan menjadi berubah akibat dari wabah yang mengglobal yang selanjutnya disebut pandemi covid19. Tidak terkecuali dunia pendidikan juga terdampak. Hampir sama dengan situasi di negara lain, semua sekolah di Indonesia ditutup untuk jangka waktu yang belum dapat ditentukan. Proses pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Pembelajaran berubah drastis, dari semula langsung tatap muka guru-siswa di kelas, menjadi secara jarak jauh via daring dari rumah masing – masing. Sudah pasti hal ini menghambat proses pembelajaran yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

Lalu, apa saja dampak yang terjadi di pendidikan? Seperti yang kita ketahui terjadinya pandemi covid19 ini membuat kita tidak bisa melakukan aktivitas  seperti biasanya sehingga kita tidak bisa sekolah / kuliah offline dengan  melaksanakannya secara online dan keuangan di masa pandemi ini semakin menurun, kebutuhan pun semakin meningkat karna di butuhkannya kuota untuk belajar online di rumah.

 

Tantangan pembelajaran adalah bagaimana memilih cara yang tepat supaya pembelajaran jarak jauh dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu diperlukan langkah – langkah antisipatif terbagi menjadi 3 waktu : jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

 

Dalam masa pandemi covid19 seperti ini, dimaklumi bahwa proses pembelajaran menemui banyak kendala dan kemungkinan tidak memenuhi capaian kurikulum. Setelah pandemi covid19 ini usai nantinya, perlu disiapkan langkah – langkah antisipasi untuk mengejar capaian kurikulum yang mungkin saja tidak tercapai. Sehingga masa depan siswa tetap dapat berlanjut.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan