Sisem Pembelajaran Daring (dalam jaringan), efektif nggak sih?

Rabu, 31 Maret 2021 | 15:09 WIB Last Updated 2021-03-31T08:09:00Z


(Rara Jingga Bunga Aryatie/ Mahasiswa Uhamka)

Kabarpendidikan.id Pembelajaran secara daring menjadi solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi corona ini. Meskipun telah di sepakati namun cara ini ternyata menuai kontroversi. Bagi tenaga pelajar, sistem pembelajaran daring hanya efektif untuk penugasan, beberapa dari mereka menganggap cara ini justru di nilai sulit bagi siswa untuk memahami materi dengan sepenuhnya.

 

Selain itu, kemampuan teknologi dan ekonomi setiap siswa berbeda-beda dan tidak semua memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar jarak jauh ini. Entah koneksi lamban, ponsel yang tidak memumpuni, dan kuota internet yang mahal. Ramai di berbagai media sosial menceritakan pengalaman orangtua siswa selama mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Seperti misalnya orangtua yang sering marah-marah karena anak susah di atur ataupun kesal mendapati anak-anak nya hanya bermain ponsel setelah kegiatan sekolah online selesai.

 

Meskipun begitu, pembelajaran harus terus berlanjut. Setiap sekolah juga memiliki kebijakan masing-masing dalam menyikapi aturan ini. Seperti mengatur ulang jadwal mata pelajaran dengan satu hari untuk tiga mata pelajaran dan tugas yang harus di selesaikan siswa setiap hari.

 

Kegagapan pembelajaran daring ini memang tidak hanya nampak di hadapan kita, melainkan menyeluruh di beberapa daerah di Indonesia. Jadi komponen yang sangat penting dari proses pembelajaran daring ini ialah koneksi internet yang stabil, gadget yang mumpuni, aplikasi yang ringan dan sosialisasi yang efisien, efektif, terus-menerus dan integratif pada seluruh orang-orang penting pendidkan.

 

Solusi atas permasalahan ini adalah pemerintah harus memeberikan kebijakan dalam membuka layanan gratis dengan provider internet dan aplikasi pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran. Menyiapkan kurikulum bebasis daring. Perlu melakukan bimbingan teknik online perihal proses pelaksanaan daring dan melakukan sosialisasi kepada orangtua dan anak melalui media cetak maupun sosial media tentang cara pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini yang berkaitan dengan peran dan tugasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sisem Pembelajaran Daring (dalam jaringan), efektif nggak sih?

Trending Now

Iklan

iklan