Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Pelajar

Jumat, 26 Maret 2021 | 21:16 WIB Last Updated 2021-03-28T14:16:44Z


Kabarpendidikan.id
Perkembangan globalisasi yang kian pesat menimbulkan banyak dampak bagi pelajar, salah satunya yaitu perubahan karakter. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya kekerasan, pergaulan bebas, pencurian, dan lain-lain.

 

Pendidikan karakter adalah salah satu upaya membentuk generasi muda yang berintelektual, bermoral, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

 

Menurut T. Ramli, pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik. Tujuan pendidikan yakni untuk membangun pribadi yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong royong.

 

Saat ini banyak dijumpai pelajar yang krisis etika dan moral. Semakin hari permasalahan moral sudah sangat memprihatinkan. Faktor utama penyebab terjadinya krisis moral, diantaranya pengaruh lingkungan, dan kemajuan teknologi. Tidak semua pelajar dapat menggunakan teknologi dengan bijak. Tidak sedikit pula yang menyalahgunakan teknologi, seperti membuka situs-situs pornografi yang tidak dibutuhkan dalam bidang pendidikan.

 

Perlu adanya pengontrolan dan pengawasan dari orang tua maupun guru. Untuk itu pentingnya menerapkan pendidikan karakter pada pendidikan dasar guna mencetak siswa-siswi yang berkarakter. Disini peran guru dan orang tua sangat dibutuhkan. Selain mengajar, guru juga berperan mendidik, memotivasi, membimbing, serta mengarahkan agar para pelajar lebih terarah dan tidak melakukan hal-hal yang menyimpang yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

(Aulia Nur Ahad Dini / Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Pelajar

Trending Now

Iklan

iklan