Pentingnya Kejujuran Pada Kesuksesan Seseorang

Minggu, 28 Maret 2021 | 08:06 WIB Last Updated 2021-03-28T15:09:52Z


Kabarpendidikan.id
Kejujuran merupakan dasar dari semua akhlak yang harus dikembangkan pada diri anak dan juga orang dewasa. Kenyataannya banyak diantara kita yang secara tidak sengaja atau meremehkan telah melakukan kebohongan, sehingga mengatakan hal yang sebenarnya kadang menjadi sulit.

 

Kejujuran juga merupakan salah satu nilai tertinggi dan terbaik dalam setiap nilai kebajikan di dunia. Oleh karena itu, dalam semua agama, pasti mengajarkan umatnya untuk berbuat jujur dalam setiap perbuatan.

 

Berikut beberapa hadits Nabi Muhammad SAW yang menekankan bahwa kejujuran dapat membawa kebaikan sekaligus menjadi sarana yang bisa mengantarkan diri ke surga, yaitu :

1.      Kejujuran dapat membawa kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surge

“Hendaknya kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2.      Kejujuran itu ketenangan dan kedustaan itu kebimbangan

Dari Abu Muhammad Al Hasan Bin Ali ra, Ia berkata, Aku menghafal hadits dari Rasulullah SAW, yaitu: “Tinggalkanlah olehmu apa saja yang kamu ragukan dan beralihlah kepada yang tidak kamu ragukan. Sesungguhnya kejujuran itu ketenangan dan kedustaan itu kebimbangan.” (H.R. Tirmidzi)

3.      Kebaikan itu menunjukkan jalan ke surga, sedangkan dusta menunjukkan jalan ke neraka

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kamu berlaku jujur karena kejujuran menuntunmu pada kebenaran, dan kebenaran menuntunmu ke surga. Dan senantiasa seseorang berlaku jujur dan selalu jujur sehingga dia tercatat di sisi Allah SWT sebagai orang yang jujur. Dan hindarilah olehmu berlaku dusta karena kedustaan menuntunmu pada kejahatan, dan kejahatan menuntunmu ke neraka. Dan seseorang senantiasa berlaku dusta dan selalu dusta sehingga dia tercatat di sisi Allah SWT sebagai pendusta.” (H.R. Muslim)

4.      Orang yang tidak jujur termasuk sebagai orang yang munafik

“Tanda orang munafik itu ada tiga, jika berkata dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia khianati.” (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

 

Di zaman seperti saat ini, kejujuran sudah tidak lagi diutamakan. Banyak orang melakukan kecurangan dalam meraih sesuatu yang diinginkannya. Misalnya, mencontek untuk mendapatkan nilai tinggi, mencuri untuk menambah penghasilan, korupsi dan lain-lain. Padahal, kejujuran merupakan kunci utama menuju kesuksesan.

 

Menurut hasil penelitian Thomas J Stanley, 100 faktor orang bisa sukses, jelasnya, IQ berada pada urutan ke-21, bersekolah di sekolah favorit urutan ke-23, dan lulus dengan nilai terbaik diurutan ke-30.

 

“Jadi, IQ kita 150 tidak menjamin kita ini sukses. Lulus dengan nilai terbaik juga tidak menjamin.” Ucapnya.

 

Ada 10 faktor yang membuat seseorang sukses dalam Pendidikan, pekerjaan, maupun karir, yaitu:

1.      Kejujuran

2.      Kedisiplinan

3.      Good interpersonal skill

4.      Dukungan dari pasangan hidup (bagi yang sudah menikah)

5.      Bekerja lebih keras dari yang lain

6.      Mencintai apa yang dikerjakan

7.      Kepemimpinan yang baik dan kuat

8.      Semangat dan berkepribadian kompetitif

9.      Pengelolaan kehidupan yang baik

10.  Kemampuan menjual gagasan dan produk

 

Mengapa kejujuran menjadi urutan pertama dalam faktor kesuksesan? Karena,  dengan memiliki sifat jujur akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain sehingga menjadikan kita dipercaya oleh banyak orang. Zaman sekarang ini mencari orang jujur sudah sulit, banyak orang yang tidak bisa dipercaya apalagi masalah keuangan. Mungkin terselip pertanyaan di benak kita kenapa sukses membutuhkan kejujuran? Jawabannya karena kejujuran menjadi pondasi kesuksesan dalam berbisnis, jika pondasi ini saja tidak kuat maka bangunannya akan runtuh.

 

(Nabilah Dwi Dianti/ Mahasiswa Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Kejujuran Pada Kesuksesan Seseorang

Trending Now

Iklan

iklan