Beasiswa; Apakah ada Program Beasiswa di Indonesia yang Bisa Menampung Pelajar Sederhana?

Sabtu, 27 Maret 2021 | 21:10 WIB Last Updated 2021-03-28T14:11:41Z


Kabarpendidikan.id
Rendahnya kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia membuat pemerintah mengadakan program beasiswa bagi warganya. Program tersebut tentu disambut dengan antusias bagi para pelajar Indonesia, baik pelajar-pelajar yang ingin berkelana ke luar negeri maupun pelajar-pelajar yang tetap ingin berjuang di negeri sendiri. Program beasiswa di Indonesia ini tentu saja memiliki syarat-syarat, syarat yang paling utama dalam dua jenis beasiswa adalah pelajar berprestasi, yang mana harus menyertakan sertifikat juara, dan pelajar miskin, yang mana harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu.

 

Saya ingin bertanya disini, apakah ada program beasiswa yang bisa menampung pelajar sederhana di Indonesia? Sederhana yang dimaksud disini adalah sederhana dalam ranah ekonomi, dan sederhana juga dalam kemampuan otaknya, alias tidak pernah menang juara dan prestasi di kelas pun biasa saja. Saya memang pernah melihat program beasiswa dari pihak swasta dengan ketentuan tanpa menyertakan SKTM dan sertifikat, tetapi pada akhirnya akan diseleksi juga peserta-peserta tersebut dan diambil yang paling baik, dalam arti lain yang paling pintar diantara peserta-peserta lainnya. Apakah tidak ada program beasiswa di Indonesia, baik diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta, yang bisa menampung pelajar sederhana?

 

Pelajar sederhana jika tetap ingin memaksa melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi, mereka harus banting tulang mencari uang seperti layaknya orang tua. Mereka harus menanggung dua tanggungan besar pada usia 18-20an, yaitu tanggungan belajar dan mencari uang untuk melanjutkan belajarnya. Pagi hari mereka dipakai untuk mengemban ilmu di bangku kuliah, siang hingga malam mereka digunakan untuk bekerja, dan pulang bekerja pun mereka belum bisa istirahat, mereka harus mengerjakan tugas-tugas kuliah sebelum didahului oleh deadline. Sungguh perjuangan yang luar biasa untuk mengubah nasib hidup menjadi lebih baik bagi pelajar sederhana.

 

(Aulia Khoirul Hanifah/ Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beasiswa; Apakah ada Program Beasiswa di Indonesia yang Bisa Menampung Pelajar Sederhana?

Trending Now

Iklan

iklan