Pentingkah Nilai Dalam Dunia Pendidikan?

Selasa, 16 Maret 2021 | 09:53 WIB Last Updated 2021-03-16T02:53:35Z


Kabarpendidikan.id
Didalam sekolah pasti sangat tidak asing dengan kata “nilai”. Bahkan di dalam pendidikan nilai dijadikan parameter atau indikator untuk mengukur sejauh mana target pendidikan itu dicapai. Bisa dibilang nilai dapat menjadi tolak ukur dari kemampuan yang kita peroleh. Contohnya di SD,SMP dan SMA kita sering sekali mendapatkan nilai rapot, pada saat ketika kita telah menyelesaikan suatu ujian baik ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester dari nilai semua mata pelajaran yang kita peroleh, guru ataupun orang tua dapat melihat hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran selama disekolah.  


Selain itu di dunia pendidikan yang cakupannya lebih luas seperti di kampus, sebagai mahasiswa pasti kita menginginkan mendapatkan nilai IPK yang sempurna 4,00. Kita sebagai pelajar dituntut mendapat nilai yang bagus dalam dunia pendidikan. dengan hasil nilai yang diperoleh kita dapat tahu akademik atau pelajaran mana yang perlu kita diperbaiki lagi. Apa dengan begitu nilai sangat penting dalam dunia pendidikan?


Jika kita ke rumah sakit lalu ada dokter yang lulus dengan IPK 3,00 dan ada dokter yang lain ia lulus dengan IPK 3,90 hampir mendapatkan sempurna lalu dokter mana yang akan kalian pilih untuk mengobati penyakit kalian? Tentu saja kalian akan memilih dokter dengan nilai IPK 3,90 karena mindset kalian menganggap dokter itu lebih pintar dari yang lain. Dengan kata lain nilai dapat memberikan judgement kepada seseorang seperti pintar atau bodoh. 


Tidak semua orang yang memiliki nilai akademik yang buruk ia berarti tak pandai dan dianggap bodoh. Kita harus melihat sudut pandang lain mungkin nilai akademiknya buruk tetapi ia memiliki kemampuan lebih dalam bidang yang bukan akademik contohnya dalam bidang olahraga, tarik suara, kesenian bahkan bela diri. Memang nilai memiliki pengaruh yang besar dalam dunia pendidikan tetapi kebanyakan orang bahkan orang tua sendiri suka mengejudge anaknya atau orang lain jika mendapatkan nilai yang buruk berarti ia tak bisa apa – apa dan sangat dikhawatirkan.


Kita harus tahu bahwa kemampuan yang kita miliki dengan kemampuan yang dimiliki orang lain berbeda. balik lagi selain nilai akhir yang kita peroleh dengan bentuk angka 100 atau huruf A kita harus lihat bagaimana proses mendapatkan nilai itu karena untuk mendapatkan nilai yang sempurna pasti ada proses yang sangat panjang dan bagaimana kita mendapatkan nilai itu. apa gunanya mendapat nilai 100 atau A tapi bukan dari hasil kemampuan sendiri? Selain nilai itu penting tetapi prosesnya itu lebih penting walaupun pada akhirnya yang dapat dilihat dengan mata yaitu nilai itu sendiri, tetapi kita bisa melihatnya juga dengan kemampuan yang kita miliki.


Kesimpulannya didalam dunia pendidikan nilai memang sangat berpengaruh, karena ketika kita ingin lanjut ke jenjang yang lebih tinggi nilai merupakan parameter apakah orang itu dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi atau tidak selain itu dalam dunia pekerjaan hal yang pertama di lihat pasti nilai IPK yang kita peroleh. Tetapi selain itu kita juga harus memiliki softskill yang perlu kembangkan karena di dunia pekerjaan softskill yang sangat diperlukan dalam mengerjakan berbagai tugas atau ketika menemukan suatu kendala yang tidak diinginkan.


(Sava Sabella Putrin/ Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingkah Nilai Dalam Dunia Pendidikan?

Trending Now

Iklan

iklan