Metode E-learning menjadi Solusi dalam Pendidikan

Senin, 29 Maret 2021 | 17:45 WIB Last Updated 2021-03-29T10:45:22Z


(Niswatun Uma Nabila/ Mahasiswa Fkip Uhamka)

Kabarpendidikan.id Saat ini Indonesia mengalami kasus virus covid-19 pada bulan Maret 2019 yang berasal dari negara China.  Sementara itu, di Indonesia per 1 Mei 2020 tercatat mencapai 10.551 kasus positif COVID-19 yang tersebar di 34 provinsi, maka dari itu di setiap daerah  mengambil kebijakan social distancing, dengan membatasi interaksi social. Presiden Jokowi Dodo pun bahkan sudah menghimbau untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah semasa pandemic virus covid-19 ini. Pemerintah pun memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional 2020, guna menekankan penyebaran virus covid-19 ini.

 

Lembaga pendidikan formal adalah salah satu aspek yang diharuskan cepat tanggap dalam merespon situasi wabah ini. Semaksimal mungkin lembaga pendidikan harus mampu mencegah penyebaran virus ini dilingkungan pendidikannya masing masing dengan menerapkan perubahan pola pengajaran, dari yang biasanya menggunakan pengajaran tatap muka berubah pola menjadi pembelajaran jarak jauh dengan penggunaan teknologi komunikasi semaksimal mungkin. Pemerintah memutuskan agar peserta didik melakukan pembelajaran dari rumah. Peserta didik dan guru dibantu dengan aplikasi belajar online. Oleh karena itu dalam artikel ini ingin membahas metode E-learning adalah sebuah solusi dalam pembelajaran di masa pandemic covid-19.

 

Terdapat beberapa keuntungan dalam menerapkan metode E-learning yaitu: memperluas jangkauan pembelajaran/pelatihan, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, hasil yang optimal, menyesuaikan berbagai kebutuhan siswa, dan meningkatkan daya tarik pembelajaran. Keuntungan menggunakan metode E-learning tidak terlepas dari peran teknologi dan internet yang telah banyak membantu pengajar dalam mengembangkan berbagai media pembelajaran untuk siswa. Media yang diperlukan dalam mendukung metode E-learning seperti gadget, laptop dan sebagainya cukup mudah bagi siswa untuk diikuti. Dan aplikasi yang sering digunakan siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh seperti Zoom, Googe Clasroom, Schoology, Google meet, dan masih banyak lainya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Metode E-learning menjadi Solusi dalam Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan